Pembangunan Patung Oputa Yi Koo Membutuhkan Anggaran Rp 60 M

  • Bagikan
Desain Patung Oputa Yi Koo. (Istimewa)
Desain Patung Oputa Yi Koo. (Istimewa)

BAUBAU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan Rp 60 Miliar untuk pembangunan patung Pahlawan Nasional Sultan Himayatudin Muhammad Saidi atau biasa dikenal dengan Oputa Yi Koo.

Patung Oputa Yi Koo akan dibangun setinggi 23 meter, dan diperkirakan akan rampung dalam 2 (dua) tahun ke depan. Anggarannya berasal dari APBD Provinsi Sultra.

Patung ini akan dibangun di atas air dan akan didirikan bangunan 2 lantai dengan tinggi 9 meter, yang mana pada lantai pertama akan dijadikan museum sejarah perjalanan Oputa Yi Koo dan di lantai 2 merupakan area terbuka yang merupakan tempat pengelolaan patung Oputa Yi Koo menjadi destinasi wisata baru.

“Patung Oputa Yi Koo dibangun setinggi 23 meter karena menjabat sebagai sultan ke 23 dan diperkirakan akan rampung dalam 2 tahun ke depan dengan total anggaran kurang lebih Rp 60 M menggunakan APBD Sultra,” ungkap Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya saat peresmian pembangunan patung Oputa Yi Koo di Kotamara, Baubau, Kamis, 22 September 2022.

  • Bagikan