Pengamanan Super Ketat Saat Jokowi Mau Terbang ke Ternate

  • Bagikan
Jokowi melambaikan tangan dan melempar senyum ke warga yang menunggu rombongan mobil Presiden di depan gapura Bandara Betoambari, Selasa (27/9) sore.(Foto Texandi)
Jokowi melambaikan tangan dan melempar senyum ke warga yang menunggu rombongan mobil Presiden di depan gapura Bandara Betoambari, Selasa (27/9) sore.(Foto Texandi)

BAUBAU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakhiri kunjungan kerjanya di tanah Buton, Selasa (27/9). Ia terbang meninggalkan Kota Baubau lewat Bandara Betoambari sekira pukul 17.25 Wita.

Keberangkatan Jokowi hari itu sudah diketahui khalayak ramai. Warga bahkan rela menunggu lama di pinggir-pinggir jalan depan kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Baubau dan depan gapura atau pintu masuk area Bandara Betoambari.

Rakyat biasa memang dilarang memasuki area Bandara Betoambari sebelum Jokowi datang. Ketentuan itu juga berlaku bagi wartawan ini. Orang maupun kendaraan yang hendak masuk harus melalui pemeriksaan petugas depan gapura. Orang diizinkan masuk hanya bagi yang memiliki id card khusus.

Aturan ketat itu tampak tidak masalah bagi ratusan warga didominasi kaum hawa yang ingin melihat langsung Presiden Jokowi. Pun sejumlah pria dan anak-anak rela melakukan hal yang sama. Uniknya lagi, ada satu lelaki berperawakan Amerika Serikat dan sepasang anaknya ikut dalam kerumunan warga.

Selama menanti, masyarakat mendapat pengawalan dari aparat TNI dan Polri berpakaian dinas di bahu jalan. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse terlihat datang lebih awal di Bandara Betoambari. Politisi PDIP itu menumpangi kendaraan dinas DT 1 G dipandu mobil Patwal masuk ke area Bandara pada pukul 16.06 Wita.

Masyarakat mulai heboh kala iring-iringan kendaraan datang dari arah Kabupaten Buton Selatan pada pukul 17.00 Wita. Saat melintas, mantan Wali Kota Surakarta Jawa Tengah itu membuka kaca mobil seraya melambaikan tangan dan melempar senyum ke kerumunan warga.

  • Bagikan