KKN di Desa Lailangga Mubar, Mahasiswa Unidayan Fokus Peningkatan Ekonomi

  • Bagikan
Mahasiswa Unidayan yang KKN foto bersama warga Desa Lailangga, Mubar. (Foto Istimewa)
Mahasiswa Unidayan yang KKN foto bersama warga Desa Lailangga, Mubar. (Foto Istimewa)

MUBAR – Mahasiswa KKN Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau fokus pada peningkatan ekonomi di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar). Hal itu tertuang pada hasil pemaparan program kerja pada Seminar Desa, Minggu (2/10/2022).

Koordinator Desa (Kordes), Risman Ali mengungkapkan program kerja tersebut dibentuk sesuai hasil observasi yang dilakukan selama di desa tersebut. Melihat potensi yang ada di desa, di mana mayoritas pengahasilan masyarakat adalah jagung sehingga pihaknya akan memanfaatkan jagung menjadi peningkatan ekonomi di desa.

“Program utamanya itu adalah pemanfaatan limbah kulit jagung menjadi kerajinan tangan, dan pemanfaatan tongkol jagung menjadi briket,” ungkapnya kepada media ini.

Selain program utama, pihaknya juga memiliki program pendukung. Seperti meningkatkan SDM dengan cara sosialisasi pengolahan jagung agar meningkatkan nilai jual, membuat tanaman toga pada lahan sempit, sosialisasi pemasaran digital, senam sehat, pembuatan plang nama jalan, mengadakan program TPQ, dan mengadakan lomba azan.

  • Bagikan