Meriahnya Festival Tangkeno ke X

  • Bagikan
Pj Bupati Bombana, Burhanuddin meresmikan Festival Tangkeno ke X. (Foto Badar)
Pj Bupati Bombana, Burhanuddin meresmikan Festival Tangkeno ke X. (Foto Badar)

BOMBANA – Festival Tangkeno ke X di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara resmi dibuka Senin,10 Oktober 2022 sekira pukul 10.15 Wita.

Festival yang masuk daftar Karisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata tahun 2022 itu dibuka langsung Pj Bupati Bombana, Burhanuddin.

Acara dipusatkan dianjungan Plaza Desa Wisata Tangkeno, Kecamatan Kabaena Tengah atau dikenal dengan nama negeri di atas awan.

Festival berjalan semarak, diawali dengan pawai kirab budaya. Mengenakan pakaian adat, ratusan peserta festival berbaris mengintari anjungan plaza melewati panggung penghormatan.

Lalu disusul pertunjukan tarian kolosal Lumense yang merupakan tarian ritual adat setempat. Para penari tarian pengusir wabah itu adalah penari yang pernah tampil di istana negara saat perayaan HUT RI ke 77.

Disusul pertunjukan tarian Lulo Alu atau tarian ritual pasca panen. Tarian ini menggambarkan rasa syukur dan terima kasih kepada sang pencipta atas melimpahnya rezeki hasil pertanian.

Festival Tangkeno ke X dijadwalkan selama dua hari. Diikuti aneka lomba seni dan budaya serta pameran kearifan kerajinan lokal warga Kabaena.

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin mengatakan hadirnya festival ini sebagai wujud komitmen daerah dalam mempromosikan destinasi budaya yang dimiliki Kabupaten Bombana.

Event festival ini untuk memperkenalkan nilai dan keunikan tradisi budaya otentik masyarakat Tangkeno sebagai wisata unggulan di Indonesia. Hal ini ditandai masuknya event ini dalam Karisma Event Nusantara tahun 2022,” ujar Burhanuddin saat sambutan.

Dia mengatakan Festival Tangkeno akan terus dilaksanakan tiap tahun dan berharap akan berdampak positif dari sisi ekonomi, sosial dan budaya.

“Tidak hanya mendatangkan wisatawan dan investor di bidang pariwisata, tapi dapat pula meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat Kabupaten Bombana,” ujarnya.

  • Bagikan