RAPBD 2023, Pemkot Baubau Menyodorkan Rencana Belanja Rp 985,7 Miliar

  • Bagikan
Wali Kota La Ode Ahmad Monianse (kiri) menyerahkan dokumen RAPBD Baubau tahun 2023 kepada Ketua DPRD Zahari, Jum'at (25/11).
Wali Kota La Ode Ahmad Monianse (kiri) menyerahkan dokumen RAPBD Baubau tahun 2023 kepada Ketua DPRD Zahari, Jum'at (25/11).

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menurunkan proyeksi belanja tahun depan menjadi Rp 985,7 miliar. Angka itu tertuang dalam Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2023 yang disodorkan ke DPRD, Jum’at (25/11).

“Rencana belanja daerah tahun 2023 sebesar Rp 985,7 miliar atau turun 10,3 persen dibandingkan APBD 2022 sebesar Rp 1,09 triliun,” ujar Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam pidato pengantar rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD 2023, di kantor DPRD Baubau.

Kata dia, pos rencana belanja itu meliputi belanja operasi (belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja bantuan sosial, dan belanja hibah), belanja modal, dan belanja tidak terduga. Di mana, kebijakan belanja daerah salah satunya dititikberatkan pada upaya merealisasikan visi dan misi Tampil Manis.

Lebih jauh, menurut dia, postur RAPBD 2023 juga diarahkan untuk menyentuh langsung kepentingan pelayanan dasar masyarakat. Tak kalah pentingnya pula, alokasi belanja mengakomodasi kewajiban penyediaan anggaran pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, dan kelurahan.

“Kemudian, mengedepankan belanja yang menunjang pertumbuhan ekonomi, penanggulangan dampak pandemi Covid-19 dan inflasi. Memberikan bantuan-bantuan dalam bentuk hibah untuk menyentuh kegiatan masyarakat dan hibah bantuan keuangan partai politik,” ulasnya.

  • Bagikan