Proyek Melibatkan BPKP Sultra,
Bupati Butur: Harap Ada Koreksi Apabila Terjadi Kesalahan

  • Bagikan
Tim BPKP Sultra disambut Bupati Butur Ridwan Zakariah di Rumah Jabatannya. (Foto Istimewa)
Tim BPKP Sultra disambut Bupati Butur Ridwan Zakariah di Rumah Jabatannya. (Foto Istimewa)

BURANGA – Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turun mendampingi proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Buton Utara (Butur) berupa pengaspalan jalan dan proyek Disperindag Butur, yakni pengerjaan pembangunan Pasar Minaminanga.

“Dua proyek ini (pengaspalan jalan dan pengerjaan pembangunan Pasar Minaminanga, red) menggunakan sumber dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diperuntukan pemerintah daerah,” demikian dikemukakan Bupati Buton Utara, Muh. Ridwan Zakariah usai menyambut dan menerima Pimpinan Tim BPKP Sultra, Saul Pabendon bersama anggotanya, Jumat (9/12/2022).

Mantan Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara ini mengatakan, Tim BPKP Sultra bersama Inspektorat Buton Utara turun melakukan pendampingan proyek tersebut berupa pemeriksaan pekerjaan yang sedang berlangsung baik dari segi mutu, kuantitas dan administrasi pekerjaan.

“Terima kasih atas pendampingan ini, kami berharap dilakukan koreksi apabila terjadi kesalahan. Agar pelaksanaan proyek PEN ini dapat terlaksana dengan baik, sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” ungkap Ketua KONI Butur ini.

Di tempat yang sama, Mahmud Buburanda menjelaskan, bahwa probity audit BPKP Sultra dan Inspektorat Butur ini dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama telah selesai pada bulan Oktober 2022 lalu, dan tahap kedua atau terakhir ini bulan Desember 2022. “Jadi sebelumnya sudah ada audit, yang kedua ini sifatnya merampungkan pekerjaan yang belum selesai dituntaskan,” kata Buburanda.

  • Bagikan