Kepala BPVP Kendari Menyerahkan Penghargaan Siddhakarya di Mamuju

  • Bagikan
Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari Dr. La Ode Haji Polondu mewakili Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Dr. Ghazmahadi, memberikan penghargaan Penganugerahan Siddhakarya terhadap para pelaku usaha di Gedung Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur di Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 20 Desember 2022. (Foto Istimewa)
Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari Dr. La Ode Haji Polondu mewakili Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Dr. Ghazmahadi, memberikan penghargaan Penganugerahan Siddhakarya terhadap para pelaku usaha di Gedung Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur di Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 20 Desember 2022. (Foto Istimewa)

Mamuju – Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari Dr. La Ode Haji Polondu mewakili Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Dr. Ghazmahadi, memberikan penghargaan Penganugerahan Siddhakarya terhadap para pelaku usaha di Gedung Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur di Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 20 Desember 2022.

Dalam sambutannya Ghazmahadi yang dibacakan Kepala BPVP Kendari Dr. La Ode Haji Polondu, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat atas pelaksanaan kegiatan Penganugerahan Siddhakarya tahun 2022 ini sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil, menengah, dan besar yang telah berhasil dan unggul dalam peningkatan produktivitas yang dapat dijadikan teladan dan percontohan standar keberhasilan bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

La Ode Haji Polondu menyebutkan, penganugerahan produktivitas terdiri atas dua penghargaan yakni Siddhakarya yang berarti Karya Prima, di mana penghargaannya diberikan langsung oleh gubernur atas kualitas dan produktivitas tertinggi tingkat provinsi. Penghargaan kedua yaitu Paramakarya yang diartikan Karya Unggul, di mana penghargaannya diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia atas kualitas dan produktivitas tertinggi tingkat nasional.

“Penilaian performa perusahaan dalam rangka Penganugerahan Produktivitas dilakukan dengan menggunakan metode Sistem Manajemen Peningkatan Produktivitas (SIMPPRO), sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 156 Tahun 2021, yang diadaptasi dari Metode Business Excellence Malcolm Baldrige Criteria,” terangnya.

Ia menjelaskan, kriteria metode tersebut yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pengembangan dan manajemen SDM, fokus pada pelanggan dan perluasan pasar, data dan informasi, serta analisis, manajemen proses, hasil usaha dan produktivitas.

“Tujuan dari semua itu, untuk mendorong dunia usaha khususnya usaha kecil dan menengah dalam peningkatan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, juga bertujuan untuk menyosialisasikan kategori dan kriteria kinerja perusahaan unggul kepada perusahaan untuk diimplementasikan, kemudian memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil, menengah, dan besar yang telah berhasil dan unggul dalam peningkatan produktivitas yang dapat dijadikan teladan dan percontohan standar keberhasilan (bench-marking best practice) bagi perusahaan- perusahaan lain, serta memfasilitasi pengembangan jejaring komunikasi antar pelaku dunia usaha.

“Hal ini untuk mewujudkan produktivitas sesuai dengan filosofinya yaitu sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Hal tersebut mengandung makna bahwa produktivitas haruslah merupakan gerakan seluruh komponen bangsa dimulai dari perumusan strategis, kebijakan, dan program sampai dengan pelaksanaannya secara efektif, efisien dan masif serta berkelanjutan,” tandasnya.

Terkait giat yang terlaksana ini pula, masih kata dia, pihaknya mengucapkan selamat kepada para pimpinan, manajemen dan seluruh karyawan perusahaan yang telah terpilih mendapatkan Penghargaan Penganugerahan Siddhakarya di Provinsi Sulawesi Barat tahun 2022.

“Penerima Penghargaan Siddhakarya ini patut bersyukur dan merasa bangga sekaligus berkomitmen untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih bahkan senantiasa meningkatkannya pada tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

Sementara Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Barat Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si. yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Drs. H. Khaeruddin Anas, M.Si. dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Ditjen Binalavotas Kemnaker RI Dr. Ghazmahadi, ST.,MM. yang diwakili Kepala BPVP Kendari Dr. La Ode Haji Polondu.

  • Bagikan