Pokja Sehat Kadolokatapi Memanfaatkan Sampah Jadi Sofa

  • Bagikan
Anggota Pokja saat duduk di sofa hasil karyanya (foto : darno ufatma)
Anggota Pokja saat duduk di sofa hasil karyanya (foto : darno ufatma)

BAUBAU – Kelompok Kerja (Pokja) Sehat Kelurahan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio Kota Baubau memanfaatkan limbah plastik menjadi produk yang memiliki nilai jual berupa kursi sofa.

Sekretaris Pokja Sehat Kelurahan Kadolokatapi, Anianti mengungkapkan ide ini terinspirasi ketika menonton youtube, sehingga ia memanfaatkan kondisi daerahnya yang menjadi daerah TPA di Kota Baubau, di mana seluruh persampahan dan limbah di Kota Baubau pembuangan akhirnya berada di Kelurahan Kadolokatapi.

Ide ini juga akan membantu Pemerintah Kota Baubau dalam pengurangan sampah.

“Masyarakat Kadolokatapi itu pada umumnya kelurahannya itu penampungan sampah, ada TPA dan TPU di sana, jadi pemikiran kami Pokja bagaimana caranya supaya sampah-sampah yang ada di TPA sana bisa dimanfaatkan kemudian kami membuat inovasi dengan membuat kursi dari botol air minum kemasan,” jelas Anianti.

Kursi sofa botol ini bahannya dari botol plastik, sampah plastik kering atau bisa diganti menggunakan serbuk sekam, lem, spon, tripleks dan lainnya.

Ia mengungkapkan mulanya limbah yang mereka gunakan berasal dari rumah masing-masing anggota Pokja dan kemudian sosialisasi kepada masyarakat dan kemudian masyarakat yang mengantarkan ke Pokja untuk diolah.

  • Bagikan