BPBD Baubau Imbau Warga Hindari Cuaca Ekstrem di Pesisir

  • Bagikan
Muslimin Hibali
Muslimin Hibali

BAUBAU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di pesisir pantai. Peringatan ini juga berlaku bagi penjual kuliner Parende di pasar Wameo.

BPBD meminta hal itu merujuk pada peringatan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tertanggal 23 Desember 2022. Cuaca itu berpotensi terjadinya hujan deras, angin kencang, tanah longsor, dan gelombang tinggi air laut.

“Utamanya masyarakat yg bermukim di wilayah pesisir pantai termasuk pedagang yang beraktivitas di pasar Wameo dan sekitarnya agar waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi air laut,” kata Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Baubau, La Ode Muslimin Hibali lewat pesan WhatsApp, Sabtu (24/11).

Seyogyanya, menurut dia, warga tidak beraktivitas di kawasan pesisir saat terjadi angin kencang. Sebab, cuaca itu berpotensi besar menimbulkan gelombang tinggi yang mengancam keselamatan.

“Sebaiknya aktivitas jualan yang pakai tenda serta rumah makan Parende untuk waspada. Jika tidak memungkinkan berjualan sebaiknya tunda aktivitas untuk menghindari musibah,” tutur Muslimin.

  • Bagikan