Pelayaran Feri Baubau-Waara Dihentikan Sementara Akibat Cuaca Buruk

  • Bagikan
Kondisi Pelabuhan Feri Batulo usai pemberhentian pelayaran (foto : Darno Ufatma)
Kondisi Pelabuhan Feri Batulo usai pemberhentian pelayaran (foto : Darno Ufatma)

BAUBAU – Pelayaran kapal Feri Baubau – Waara dihentikan sementara akibat cuaca buruk yang terjadi sepanjang hari di Kota Baubau. Pemberhentian sementara ini membuat puluhan calon penumpang batal menyeberang.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Wilayah Zona 5 BPTD 18 Provinsi Sultra, Supardin Karim mengungkapkan pemberhentian sementara penyeberangan tersebut disebabkan oleh cuaca curuk yang terjadi di Kota Baubau sepanjang hari ini, Sabtu (24/12/2022).

Dari BMKG sudah mengeluarkan surat edaran pemberitahuan cuaca ekstrem yang mulai berlaku dari tanggal 23 – 29 Desember 2022.

“Kita diperintahkan memantau kondisi dan proses pelayanan ini dengan memperhatikan kondisi cuaca yang ada,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan pemberhentian sementara ini diberlakukan akibat ketinggian gelombang yang mencai di atas 1.7 meter, ditambah lagi kondisi pelabuhan Waara yang bergelombang.

“Terkait dengan pemberhentian ini, untuk saat ini ketinggian gelombang diatas 1.7 meter dan kecepatan angin 45 knot. Kalau kondisi memungkinkan pada siang hari tetap akan kita laksanakan tapi kita hindari di pelayaran malam karena rentan, apalagi kondisi pelabuhan di Waara agak bergelombang untuk itu kita dapat ambil keputusan bahwa pelayaran dibatasi sampai jam 5 sore,” jelasnya.

  • Bagikan