Sejumlah Infrastruktur di Busel Hancur Disapu Gelombang

  • Bagikan
Salah satu titik pelabuhan feri di Kelurahan Bandar Batauga rusak. Foto istimewa
Salah satu titik pelabuhan feri di Kelurahan Bandar Batauga rusak. Foto istimewa

BATAUGA – Cuaca ekstrem yang terjadi Sabtu (24/12/2022), membuat sejumlah infrastruktur di Kabupaten Buton Selatan hancur disapu gelombang tinggi.

Cuaca kali ini memang cukup dahsyat dibandingkan sebelumnya. Gelombang pasang disertai angin kencang meluluhlantakkan sejumlah infrastruktur yang dibangun Pemkab Busel.

Kalaksa BPBD Buton Selatan, Drs Zamaludin mengatakan, cuaca ekstrem tahun ini memang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Menurut dia, tahun ini agak tinggi dibandingkan sebelumnya.

“Cuaca ekstrem saat ini memang agak berbeda dengan tahun (lalu, red), beberapa titik infrastruktur pembangunan yang sudah dibangun rusak disapu gelombang tinggi,” ujarnya melalui telepon selulernya yang pagi ini berada di Kelurahan Katilombu.

Salah satu infrastruktur pembangunan yang rusak adalah pelabuhan dermaga feri di Bandar Batauga. Beberapa titik bagian pelencengan kapal rusak. Pelabuhan ini belum difungsikan. Anggaran pembangunannya pun masih dicicil menggunakan dana pinjaman daerah di salah satu bank. Padahal infrastruktur ini menjadi salah satu yang fenomenal bagi Pemkab Busel. Karena digadang-gadang akan menjadi infrastruktur penghubung antar pulau dengan ibukota Batauga.

  • Bagikan