Biaya Operasi Jantung Anak di Baubau Bakal Ditanggung BPJS Kesehatan

  • Bagikan
PPS.Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Cabang Kota Baubau, Amrin Pawiruddin. (Foto Darno Ufatma)
PPS.Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Cabang Kota Baubau, Amrin Pawiruddin. (Foto Darno Ufatma)

BAUBAU – BPJS Kesehatan akan menanggung penuh seluruh biaya operasi jantung kedua untuk pasien MSSA (inisial), pasien jantung asal Kota Baubau. Hal itu berkaitan dengan berita sebelumnya,Seorang Ayah di Baubau Berencana Menjual Ginjal Demi Biaya Operasi Anaknya yang Sakit Jantung.

PPS.Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik, Amrin Pawiruddin mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan orang tua pasien MSSA dan berharap agar tidak khawatir, karena biaya operasi anaknya akan sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan seperti operasi sebelumnya.

Amrin mengungkapkan pihak BPJS Kesehatan juga telah menanyakan mengenai biaya yang dikeluarkan oleh keluarga pasien pada operasi sebelumnya yang bernilai puluhan juta, dan pihak BPJS telah melakukan penelusuran mengenai pengeluaran tersebut yang meliputi biaya pengobatan ketika pasien belum menggunakan BPJS.

“Namun setelah kami kroscek ternyata uang 90 juta mulai dari dia berobat belum menggunakan BPJS dan berlaku umum namun dua kali setelahnya sudah ada BPJSnya sudah tidak ada lagi biaya yang kedua,” terang Amrin.

“90 juta itu ternyata sudah termasuk biaya transportasinya ke sana, kemudian penginapan, biaya hidup selama di Jakarta sehingga dia jual beberapa barang-barangnya,” sambungnya.

Amrin menjelaskan pihaknya telah mengonfirmasi mengenai operasi pertama untuk pasien MSSA dan semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan, dan untuk operasi kedua, orang tua pasien MSSA telat berkoordinasi dengan petugas BPJS Kesehatan agar mengomunikasikan setiap kendala yang dialami nantinya.

“Jadi sudah ada koordinasi, ketakutannya karena dia lihat temannya katanya setelah anaknya operasi dia dimintai biaya Rp 200 juta. Itu makanya kami minta kemarin kalau ada pengantar untuk operasi nanti kami dari BPJS Kesehatan Baubau juga bantu koordinasi dengan BPJS Kesehatan di sana untuk pastikan tidak ada biaya nanti sama halnya dengan operasi yang pertamanya tidak ada biaya operasi atau biaya lainnya yang dibayar di Rumah Sakit oleh keluarga pasien,” terang Amrin.

  • Bagikan