Diskop UKM Baubau Bagi-bagi Sarpras Rp935 Juta

  • Bagikan
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, Aliman.(Foto Texandi)
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, Aliman.(Foto Texandi)

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau membagikan bantuan sarana prasarana (Sarpras) kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan koperasi. Nilai barang mencapai kurang lebih Rp 935 juta.

Wali Kota La Ode Ahmad Monianse menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut, di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Baubau, Kamis (29/12). Seremoni penyerahan itu turut disaksikan Ketua dan anggota DPRD Baubau yakni Zahari dan Muhammad Ahadyat Zamani.

“Nilainya (barang bantuan) itu kurang lebih Rp 935 juta APBD Baubau tahun 2022. APBD itu Rp609 juta dan Perubahan APBD itu Rp326 juta. Rinciannya untuk UKM sekitar Rp770 juta dan koperasi Rp199 juta,” kata Kepala Diskop UKM Baubau, Aliman.

Bentuk bantuan, urai dia, untuk koperasi antara lain buku pedoman tata cara pembukaan, printer, dan laptop. Sementara pelaku UKM diantaranya mixer, kompor minyak, etalase, kulkas besar, kompresor, dan parut kelapa.

“Penerimanya itu koperasi sekitar 80 unit dan 200 lebih pelaku UMKM. Di mana, salah satu syarat mendapatkan bantuan ini adalah punya NIB (Nomor Induk Berusaha). Jadi, kita berharap juga bagi teman-teman UMKM dan koperasi yang belum punya NIB agar segera mengurus NIB,” ujarnya.

  • Bagikan