Tampil Manis Rintis 210 Ruas Jalan

  • Bagikan
Kepala Dinas PUPR Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud (kiri) sedang mengurai capaian infrastruktur jalan hingga tahun ke-empat Tampil Manis.(Foto Texandi)
Kepala Dinas PUPR Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud (kiri) sedang mengurai capaian infrastruktur jalan hingga tahun ke-empat Tampil Manis.(Foto Texandi)

BAUBAU – Pasangan (Alm) AS Tamrin – La Ode Ahmad Monianse cukup banyak membuka akses baru sejak menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau September 2018 lalu. Duet Tampil Manis itu tercatat sudah merintis 210 ruas jalan hingga di sisa sembilan bulan memimpin.

“Berdasarkan data kami, ruas jalan baru yang sudah dibuka sepanjang kurang lebih empat tahun ini sekitar 210 ruas dengan panjang 86.024 meter. Tentu kita mau identifikasi lagi yang di 2023,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud di kantornya, Selasa (10/1).

Jalan baru itu, ujar dia, mayoritas berada di wilayah kecamatan terluar atau pinggiran. Di mana, kebijakan ini merupakan bagian strategi untuk mengurai konsentrasi kepadatan aktivitas di tengah kota serta membuat penataan bangunan lebih terarah.

“Sejak saya jadi kepala dinas, jalan baru yang kita buka ini minimal memiliki lebar enam meter karena saya merasa sesak kalau lewat di jalan sempit. Kemudian, jalan yang kita buka itu semua lahan hibah dari masyarakat, belum pernah menggunakan sistem ganti rugi,” imbuhnya.

Selain merintis, beber dia, sejuah ini pihaknya juga telah melakukan peningkatan atau pengaspalan jalan kota sepanjang 390.597 meter. Angka tersebut diperkirakan masih akan bertambah hingga akhir tahun 2023 mendatang.

  • Bagikan