Lurah Kosundano Memotivasi Warganya Tanam Cabai

  • Bagikan
Lurah Kosundano Samaruddin saat mengunjungi warganya yang sedang memanen cabai. (Foto: Dok. Lurah Kosundano)
Lurah Kosundano Samaruddin saat mengunjungi warganya yang sedang memanen cabai. (Foto: Dok. Lurah Kosundano)

MUNA – Lurah Kosundano, Samaruddin memotivasi warganya menanam cabai. Kegiatan tanam cabai ini bermula saat salah seorang warga Kelurahan Kosundano, La Ode Kaharuddin pulang dari perantauan.

Dalam proses pengolahan lahan, Kaharuddin dibimbing langsung oleh Lurah Kosundano, Samaruddin untuk melakukan uji coba dengan menanam cabai di lahan tidur seluas 1 hektar. Di bawah bimbingan Lurah Kosundano tersebut kini tanam cabai yang digagas oleh Kaharuruddin telah dipanen.

“Awalnya ini hanya coba-coba tanam cabai ternyata hasilnya bagus, sekarang sudah panen, sekali panen dapat 150 – 250 kg, sedangkan panennya setiap hari,” ujar Lurah Kosundano, Samaruddin, Rabu, 11/01/2023.

Setiap panen, Kaharuddin menggunakan tenaga kerja setiap hari lebih dari sepuluh orang. Mereka digaji Rp 5 ribu per kg.

“Karyawannya mulai dari bedengan sampai penanaman berjumlah 4 orang, dan kalau panen membutuhkan tenaga kerja lebih dari 10 orang dan digaji perkilo Rp 5 ribu rupiah,” ungkap Samaruddin.

Saat ini lanjut Samaruddin dirinya terus memotivasi warganya untuk menanam cabai. Kini Kaharuddin mengajak warga di desa tetangga untuk bekerja sama tanam cabai.

  • Bagikan