Pol PP Baubau Sapkan 1 Peleton untuk Penertiban

  • Bagikan

BAUBAU.BUTONPOS – Kedepankan upaya preventif lalu kuratif. Inilah yang menjadi semangat Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Baubau sehingga mengubah pola pengawasan pusat ekonomi kerakyatan. Instansi penegak Peraturan Daerah (Perda) itu kini sudah menyiagakan personel di pasar-pasar.

Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum Satuan Pol PP Baubau, Muh Husni Ganiru mengatakan, penempatan personel di pasar-pasar tersebut merupakan inovasi tahun 2023. Di mana, pengawasan model ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau model lama kita lakukan patroli secara rutin dengan kendaraan, maka untuk tahun ini kita inovasi dengan membuat pos jaga. Jadi, setiap pasar khususnya pasar Wameo dan pasar Karya Nugraha itu ada pos pemantau dan pengawas untuk memudahkan petugas,” ujar Husni di konfirmasi di kantornya, Kamis (12/1).

Ia menjelaskan, dalam sehari, pos penjagaan itu terdiri dari dua regu dan dua shift. Regu pertama berjaga dari pukul 08.00-12.00 Wita dan regu kedua dari pukul 13.00-16.00 Wita. Pun, jumlah personil yang disiagakan hari Ahad lebih banyak ketimbang Senin-Kamis.

“Tugas masing-masing pos ini adalah untuk mengawasi perilaku dari pelaku ekonomi kerakyatan itu supaya tidak menjual di tempat yang dilarang Perda seperti trotoar dan badan jalan. Jadi, pada dasarnya petugas pos itu akan mengimbau dan mengedukasi pedagang yang melanggar,” imbuhnya.

Husni menegaskan, jika edukasi dan peringatan jaga tidak diindahkan oleh oknum pelanggar, maka petugas pos jaga akan mengonfirmasi ke kantor atau markas. Selanjutnya kantor akan menerjunkan satu peleton untuk menertibkan pelanggar tersebut.

  • Bagikan