Diprediksi Miliaran Rupiah, Kerusakan Akibat Cuaca Ekstrem Penghujung tahun 2022

  • Bagikan
Petugas BPBD Busel melakukan pengukuran infrastruktur yang rusak pasca cuaca ekstrem. (Foto: istimewa)

BATAUGA.BUTONPOS-Daerah pesisir Buton Selatan (Busel) menjadi lokasi langganan kerusakan akibat cuaca ekstrem. Nilainya tidak tanggung-tanggung, bias mencapai miliaran rupiah.

Seperti cuaca ekstrem yang terjadi Sabtu (24/12/2022) lalu, membuat sejumlah infrastruktur di Kabupaten Buton Selatan hancur disapu gelombang tinggi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Busel sementara menginventarisir  sejumlah infrastruktur yang rusak untuk diusulkan perbaikannya.

Cuaca kali ini memang cukup dahsyat dibandingkan sebelumnya. Gelombang pasang disertai angin kencang meluluh lantahkan sejumlah infrastruktur yang dibangun Pemkab Busel.

Kalaksa BPBD Buton Selatan Drs Zamaludin mengatakan, cuaca ekstrem tahun ini memang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Menurut dia, tahun ini agak tinggi dibandingkan sebelumnya.

“Cuaca ekstrem saat ini memang agak berbeda dengan tahun, beberapa titik infrastruktur pembangunan yang sudah dibangun rusak disapu gelombang tinggi, ” ujarnya melalui telepon selulernya.

Kata dia, pihaknya sementara melakukan pendataan secara detail tiap kecamatan yang infrastruktur talud maupun jalan yang rusak diobrak abrik gelombang. Pihaknya juga sementara mengidentifikasi sejumlah infrastruktur yang menjadi kewenangan Pemkab Busel untuk ditindaklanjuti. Begitupun yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

  • Bagikan