Anggaran Pemilihan Ketua RT/RW Ditanggung Lurah

  • Bagikan

BUTONPOS. BAUBAU – Pemerintah Kelurahan Bataraguru minta agar anggaran pemilihan pengurus rukun tetangga dan rukun warga yang akan dilakukan warga Kota Baubau sebaiknya di anggarkan di APBD, karena saat ini sepenuhnya masih ditanggung kelurahan dan masyarakat setempat.

Lurah Bataraguru Wa Ode Rahmawatia menyatakan merujuk dari surat peraturan Wali Kota Baubau bahwa memerintahkan kepada lurah dan camat se Kota Baubau untuk melaksanakan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW, dan hari ini Kelurahan Bataraguru melakukan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW sesuai dengan berbagai tahapan Perda dan Perwali Kota Baubau.

Namun pada kesempatan ini, pihaknya menyarankan agar pemilihan RT dan RW nantinya agar diberikan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan Ketua RT dan ketua RW, “Inikan pemilihan 3 kali setahun, jadi alangkah baiknya dianggarkan di APBD itu saran dari kami Lurah, LPM dan Masyarakat.”tuturnya.

Hal ini bertujuan untuk biaya administrasi, konsumsi buat panitia pemilihan RT/RW, “Kan kasihan mereka tidak ada anggaranya untuk itu, jadinya bersifat swadaya masing masing lembaga perindividu.”tutur Wa Ode Rahmawatia.

Dia juga menambahkan kalau anggaran pemilihan RT/RW itu di atur dari Perwali yang sumber anggaranya melalui kas RT, “Kita ketahui bersama kalau kas RT / RW tidak ada, dan adapun gaji mereka itu pertiga bulan, itupun hanya honor to yang bersumber dari APBD,” jelasnya.

Sementara pihaknya tidak berani meminta pada masyarakat maupun mengambil ke tempat lain, karena tak ada payung hukumnya,” itu adalah pungli kalau mengambil sesuatu tak ada dasarnya,” tutur Lurah Bataraguru ini.

  • Bagikan