Budidaya Ikan Air Tawar, Kodim 1413/Buton Gunakan Sistem Bioflok

  • Bagikan

BUTONPOS. BAUBAU – Komando Distrik Militer (Kodim) 1413/Buton gencar wujudkan program ketahanan pangan. Program tersebut merupakan program Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Program ketahanan pangan yang dilakukan oleh pihak Kodim 1413/Buton terfokus pada sektor pertanian (sementara berjalan) dan perikanan dalam bentuk budidaya ikan air tawar. Menariknya, tempat budidaya ikan menggunakan sistem kolam Bioflok.

“Kita dapat perintah langsung dari Pangdam membuat program ketahanan pangan salah satunya lewat sektor perikanan,” kata Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 1413/Buton Kapten Inf Harlin Ulo melalui Bati Wanmil Kodim 1413/Buton Sertu Gregorius Veven, selasa 7/2.

Gregorius menjelaskan, sistem bioflok adalah kumpulan dari berbagai organisme (bakteri, jamur, algae, protozoa, cacing), yang tergabung dalam gumpalan flok. Bioflok dapat terbentuk jika ada 4 komponen yaitu sumber karbon, bahan organik dari sisa pakan dan kotoran ikan, bakteri pengurai dan ketersediaan oksigen.

Lanjutnya, budidaya ikan nila dengan menggunakan sistem kolam bioflok tersebut dirancang menggunakan besi 6 mili meter dengan ukuran kolam diameter 3 sudah diproduksi hingga dua kolam sebagai percontohan.

  • Bagikan