Cerdas Berjamaah Dalam Pemilu

  • Bagikan

Oleh Yulisnawati AbbasPegiat Komunitas Kepton

Ramai berita tentang pemilu yang menyeruak dan mengisi ruang publik akhir-akhir ini ternyata tidak membuat semua warga bangsa peduli dan ikut melibatkan diri dalam arus besar yang jadi diskursus nasional tersebut.

Beberapa kelompok masyarakat yang apatis itu umumnya adalah mereka yang tergabung dalam komunitas-komunitas yang kegiatan sehari-harinya cukup berjarak dengan politik praktis sehingga kurang peduli terhadap dinamika politik yang berkembang. Sebagian dari mereka, sikap apatisnya muncul dari kekecewaan terhadap praktek-praktek politik para aktor yang dipandang bertentangan dengan nilai-nilai kepatutan sehingga melahirkan persepsi bahwa politik itu kotor dan sebagainya.

Masalahnya karena setiap individu warga bangsa adalah subyek politik yang memiliki tanggung jawab untuk terlibat dalam menentukan arah dan masa depan bangsa. Dalam pemilu misalnya, Makin tinggi tingkat partisipasi masyarakat, makin berkualitas dan demokratis pemilu dimaksud. Lantas bagaimana membuat agar segenap warga masyarakat untuk terlibat dalam kontes pemilu 2024 yang akan datang?

Sebagai orang yang sehari-hari berkecimpung di dunia komunitas kreatif yang banyak berinteraksi dengan warga masyarakat khususnya kaum muda, ternyata tidak sedikit kaum muda di kota Baubau dan Buton Tengah yang bersikap apatis terhadap politik, terutama mereka yang semasa kuliah tidak terlibat dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan internal dan eksternal kampus. Berbeda dengan mereka yang semasa kuliahnya aktif di organisasi internal maupun eksternal yang cukup antusias terhadap dinamika politik yang berkembang.

Anggapan bahwa politik itu kotor pada sebagian kalangan ternyata sudah mendarah daging. Hal inilah yang mengakibatkan kepedulian dan juga pemikiran kritis terhadap politik menjadi jauh. Jumlah mereka yang berfikir seperti ini juga bukan hanya 1-2 orang, tapi banyak.

Mereka sebenarnya hanya mengekpresikan apa yang mereka rasakan dari kehidupan mereka sehari-hari, apa yang mereka lihat atau pengalaman mereka melihat pemimpinnya. Respon negatif ini tidak mengenal usia tua atau muda. Berdasarkan ketidaktahuan mereka dan lingkungan mereka yang pemahamannya juga keliru membuat mereka apatis dengan politik dan menghindari politik yang membuat mereka semakin tumpul dalam pemikiran.

Ketidakpahaman ini menyebabkan mereka bisa memilih menjadi golput, atau tetap memilih namun gampang dimanfaatkan oleh orang lain (massa mengambang).

Padahal menurut Bertolt Brecht, penyair Jerman sekaligus dramawan dan sutradara teater, “Buta yang terburuk adalah buta politik. Dia tidak mendengar, tidak berbicara dan tidak berpartisipasi dalam peristiwa politik. Dia tidak tahu bahwa biaya hidup, harga kacang, harga ikan, harga tepung, biaya sewa, harga sepatu dan obat, semua tergantung pada keputusan politik. Orang yang buta bangga dan membusungkan dadanya mengatakan bahwa ia membenci politik. Si dungu tidak tahu bahwa dari kebodohan politiknya lahir pelacur, anak terlantar, dan pencuri terburuk dari semua pencuri, politisi buruk, rusaknya perusahaan nasional dan multinasional yang menguras kekayaan negeri.”

Namun, apakah mereka yang apatis dan cenderung awam politik ini adalah mereka yang tidak berpendidikan? Tidak juga. Mungkin sebagian dari mereka adalah kelompok marjinal, tapi tidak sedikit juga yang berpendidikan tinggi, para karyawan-karyawan swasta dan lain-lain. Namun ketika berbicara tentang politik, bagaimana respon orang awam? Politik itu kotor. Mereka menganggap agak sulit menemukan pemimpin yang jujur dan peduli terhadap masyarakat kecil. Siapapun pemimpin yang terpilih nantinya, tidak akan memberi pengaruh terhadap kehidupan mereka yang akan tetap begitu-begitu saja. Bahkan jika ada aktor politik yang terkesan peduli terhadap warga masyarakat, seperti memberi bantuan dan sebagainya, akan dipersepsikan bahwa pasti ada maunya, tidak ada yang gratis dalam politik.

Persepsi semacam ini ada sejak dahulu, bukan saja untuk menghadapi pesta demokrasi 2024 mendatang. Tantangan kita dalam negara demokrasi memang salah satunya adalah bagimana meningkatkan kepercayaan masyarakat, terutama kaum muda sebagai pemilik masa depan bangsa terhadap politik sehingga terpanggil untuk berpartisipasi dalam pemilu mendatang.

Berdasarkan data BPS tahun 2021, ada sebanyak 64,92 juta jiwa penduduk yang berusia 16-30 tahun. Proyeksi pemilih pemuda pada 2024 nanti sekitar 53,6% dimana angka ini lebih besar dari tahun 2019 lalu yaitu 30-40%.

  • Bagikan