Ali Mazi : Pengaspalan Jalan Wabula-Lapandewa Rp 13,2 Miliar

  • Bagikan

BUTONPOS. BATAUGA–Gubernur Sultra H Ali Mazi SH memastikan jalan lingkar kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton dan Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan akan diaspal tahun 2023 ini. Anggaranya Rp 13,2 miliar.

Peletakan batu pertama pembangunan jalan poros menghubungkan Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula Kabupaten Buton dan Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa Buton Selatan dilaksanakan, Sabtu 27/10/2019 lalu.

Peletakan batu pertama secara sakral setelah dilakukan “Batata ama moji Burangasi” atau ritual adat Burangasi (doa,red).

“Segera dilelang dalam waktu dekat ini. Anggaranya Rp 13,2 miliar, ” ujar Ali Mazi ketika menggelar diskusi bersama warga Buton dalam acara peresmian terminal tipe B Wasaga di Pasarwajo, Selasa (28/2/2023) lalu.

Pembangunan jalan lingkar menghubungkan Buton dan Busel ini juga sebagai komitmen pembangunan Gubernur Ali Mazi dan pemerintah dua daerah Buton-Busel.

Dikatakan, dengan terhubungnya dua kawasan ini diharapkan bukan hanya jalinan persaudaraan yang semakin erat. Tapi juga akan memberikan nilai tambah bagi lancarnya moda transportasi yang berimbas pada perekonomian dua daerah. Sehingga kesejahtraan masyarakat diharapkan seakan terus meningkat di masa-masa yang akan datang.

Dikatakan, pekerjaan jalan tersebut sudah dianggarkan sebanyak tiga kali. Tahap awal pembukaan ruas jalan Rp 5 Miliar. Tahap dua, Rp 4 Miliar. Kini memasuki tahap pengaspalan yang dianggarkan Rp 13,2 Miliar.

Ia mengaku, beberapa waktu lalu dirinya melakukan peninjauan melewati jalan yang baru pengerasan itu, ruas jalan sudah tembus ke Buton Selatan. Jalan itu sudah dilalui kendaraan walaupun belum teraspal.

  • Bagikan