Ridwan Bae Bakal Perjuangkan Anggaran Pembangunan Bendungan Irigasi Desa La Iba

  • Bagikan

BUTONPODlS. PRAHA — Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae didampingi oleh seluruh anggota DPRD Muna dari Fraksi Golkar bersama perwakilan Balai kementrian PUPR Provinsi meninjau rencana Pembangunan Bendungan di Desa La Iba Kecamatan Parigi, Kamis, 02/03/2023.

Ridwan meninjau lokasi pembangunan bendungan untuk memastikan kekuatan debit air sungai desa Laiba yang nantinya akan menjadi sumber mata air irigasi di Desa La Iba dan Desa Labulu-labulu kecamatan Parigi.

Camat Parigi berharap pembangunan bendungan La Iba bisa terwujud sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kesejahteraan bagi masyarakat Muna khususnya masyarakat Kecamatan Parigi.

“Kami berharap semoga rencana Pembangunan bendungan dapat terwujud sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi kesejahteraan masyarakat,”harapnya.

Sementara itu, Perwakilan Balai PUPR Sulawesi Tenggara yang membidangi irigasi menyampaikan bahwa ada empat hal yang harus dipenuhi dalam pembangunan bendungan untuk pengairan irigasi, yang pertama adalah adanya potensi sumber air.

“Kalau kami lihat potensi air disungai tolu laano (sungai desa La Iba-red) ini ada potensi yang cukup besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber irigasi,”ujarnya.

Yang kedua lanjutnya, mengenai ketersediaan lahan. Menurut pengamatannya desa La Iba memiliki potensi lahan cukup untuk dikembangkan sebagai areal persawahan. Yang ketiga adalah ada tidaknya petani, yang ke empat adalah dari aspek keseluruhan.

  • Bagikan