Jelang Ramadhan Harga Beras dan Cabe Makin Pedis, Pemda Siapkan Pasar Murah

  • Bagikan

BUTONPOS, RAHA — Memasuki bulan suci Ramadhan 1444 H harga bahan pokok di Kabupaten Muna mulai merangkak naik. Berdasarkan pantauan Buton Pos di Pasar sentral Laino, Kamis, 16/03/2023 sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan diantaranya bawang merah yang semula Rp 35 ribu/kg naik menjadi Rp 40 ribu/kg.

Sedangkan minyak goreng Bimoli naik dari semula Rp 40 ribu untuk kemasan dua liter naik menjadi Rp 45 ribu dan yang 5 liter naik menjadi Rp 115 ribu. Selain itu, bawang putih naik menjadi Rp 40 ribu/kg, telur ayam yang semula Rp 46 ribu/rak naik menjadi Rp 55 ribu/rak.

Sementara beras mengalami kenaikan sangat signifikan dimana pada bulan February harga beras kepala dan beras 788 25 kg masi diharga Rp 285 ribu saat ini naik menjadi Rp 330 ribu. Untuk beras biasa seperti beras Super 25 kg juga mengalami kenaikan dengan harga Rp 320 ribu.

Menurut salah seorang pedagang pasar Laino Iman, mengatakan kenaikan harga sembako ini dimulai sejak pekan lalu dan dipastikan akan terus merangkak naik hingga menjelang lebaran.

“Dari minggu lalu harga sembako naik, dan kemungkinan akan naik terus sampai dengan dekat lebaran,”ungkapnya.

Kabag Ekonomi Pemkab Muna La Ode Saiyruddin mengakui terjadi kenaikan harga sembako di pasaran. Namun demikian Pemkab Muna tidak akan tinggal diam untuk menekan terjadinya inflasi jelang bulan Ramadan sampai lebaran Idul Fitri.

  • Bagikan