Cuaca Tak Menentu, Dinkes Baubau Ingatkan Warga

  • Bagikan

BUTONPOS, BAUBAU – Cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus DBD di Kota Baubau, terhitung sejak Januari hingga Juni tahun 2022 hingga 2023 Dinas Kesehatan Kota Baubau telah mencatat bulan Januari hingga Desember ada 123 kasus untuk tahun 2022, sedangkan tahun 2023 saat ini dari bulan Januari hingga Maret terdapat 33 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan dr.Lukman melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Baubau Lili Yusrina mengatakan kasus ini diharapkan tak meningkat dibandingkan dengan tahun 2022, yang tercatat ada 123 kasus yang terdampak pada semua usia tak memgenal anak-anak, dewasa maupun orang tua,”katanya.

“Kita berharap kasus ini kasus DBD tak meningkat lagi, dengan upaya masuarakat untuk melakukan pencegahan dan pembasmian sarang nyamuk yang berada di sekeliling rumah,”tuturnya.

Dengan adanya cuaca yang tidak menentu jadi salah satu penyebab timbulnya penampungan air dan berpeluang besar menjadi tempat perindukan nyamuk, ,”jelasnya.

“Adanya penampungan air, di situ banyak jentik nyamuk di tandon air, sampah bekas botol plastik/ kaca, daun yang lebar dan menjadi tempat perindukan nyamuk, sehingga masyarakat mungkin merasakan nyamuk di sekitar tempat tinggal itu menjadi banyak,” lanjutnya.

  • Bagikan