Wa Ode Nurhayati : Negara Harus Hadir Saat Perempuan Menginginkan Perluasan Peran

  • Bagikan

BUTONPOS, RAHA — Memasuki usia kemerdekaan yang ke-78, Indonesia mempunyai banyak tantangan yang sangatkompleks. Jangan sampai perayaan kemerdekaan hanya sebatas seremonial semata, tanpa adainspirasi perubahan dan semangat untuk mengisi kemerdekaan menuju Indonesia yangberadab.

Di tengah kegalauan seremonial kemerdekaan, kaum perempuan mempunyai tugas pentinguntuk melakukan artikulasi perannya dalam mengisi kemerdekaan. Mengartikulasikan peranperempuan tidak bisa dilepaskan dari unit bernama keluarga, karena keluarga merupakan unitnegara paling kecil. Stabilitas negara bisa dilihat dari stabilitas keluarga yang menghuni negara itu.

Presidium Forum Alumni Kohati (FORHATI) Nasional, Wa Ode Nurhayati, menanggapibahwa esensi kemerdekaan adalah berdampak positif bagi perempuan Indonesia. Sebagaimana, amanat UU Dasar 1945 dan Pancasila. Tidah boleh ada lagi perempuan Indonesia yangmengalami perlakuan berbeda disegala lini, Negara penting hadir memberi ruang akselarasiseluasnya bagi pendidikan Perempuan.

“Salah satu langkahnya, kementrian terkait mengevaluasi sejauh apa peran anggaran dalampendampingan jangka panjang dan jangka pendek terhadap perempuan Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” terangnya, Kamis (17/08/2023.

Kehadiran beberapa Perempuan berpengaaruh nasional harus disyukuri tetapi tidak bolehberpuas diri, sebab ruang politik hanya salah satu wadah dari sekian ruang sosial yang harusdiisi. Sebagaimana pesan Perempuan adalah sebagai tiang negara.

  • Bagikan