Optimalisasi Kemaritiman, Rasman Tegaskan Baubau Hub

  • Bagikan
Pj Wali Kota Dr Muh Rasman Manafi bersama sejumlah stakeholder diacara konsultasi publik rancangan awal RPJP Kota Baubau tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025 di Auditorium Palagimata, kantor Wali Kota Baubau, Rabu (7/2/2024).(KOMINFO BAUBAU)

Akan tetapi, kalau dalam konteks melalui Sulawesi Indonesia Timur, bahkan yang lebih luas, Baubau menjadi salah satu titik Hub. “Kenapa narasi maritim saya ajukan sekali lagi Baubau adalah wilayah yang dominan digerakkan oleh sektor-sektor maritim,” tambahnya.

Sementara itu, terkait statement SDM unggul, Rasman kurang setuju. Pasalnya, banyak riset yang menunjukkan bahwa SDM unggul selalu diterjemahkan sebagai orang yang hebat, kuat, sehat. Akan tetapi, kalau hal ini diadopsi residensi wilayah ekosistem dan daya adaptasi lainnya maka manusia yang unggul sesungguhnya diukur dari kemampuan untuk beradaptasi dari zaman ke zaman dari wilayah ke wilayah.

“Itulah manusia unggul, kalau dia kuat sehat tapi tidak punya adaptasi dia akan tertinggal. Banyak wilayah-wilayah yang memiliki teknologi, memiliki SDM yang banyak dan kuat tetapi kemampuan adaptasinya lemah dan dia kalah. Jadi hemat saya SDM yang akan kita bangun dia memiliki adaptasi yang kuat,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kamil Adi Karim menyatakan Pemkot mesti patuh terhadap RTRW. Hal tersebut antara lain didasarkan keprihatinanya terhadap pembangunan sejumlah bangunan yang tidak memperhatikan sempadan jalan.

Ia juga menyinggung soal daerah Labalawa dan Waborobo yang mesti mendapatkan perhatian dari Pemkot.(int/KI/iwn)

  • Bagikan