PSU Katilombu, Ali Mazi Unggul Tipis

  • Bagikan
Proses perhitungan suara di pemungutan suara ulang TPS 7 Kelurahan Katilombu. (NUSMA/BUTON POS)

BUTONPOS.BATAUGA-Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 lingkungan Wawulaka, Kelurahan Katilombu, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Ali Mazi unggul tipis dengan kompetitornya separtainya, Tina Nur Alam.

Dua calon senator dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dapil Sultra bersaing sengit. PSU digelar, Sabtu (24/2/2024).

Dari total yang menggunakan hal pilihnya 109 DPT. Angka ini menurun dari jumlah pemilih sebelumnya.

Dari PSU, jumlah suara partai Nasdem Ali Mazi 29, disusul suara Andi Sumangerukka 23 dari PPP, Partai Nasdem Tina Nur Alam 21 suara, partai Hanura nomor urut dua Bahtra 18. Disusul suara Caleg partai lainnya.

Ketua KPU Busel Hastun menjelaskan, jadwal semula yang sudah diplenokan KPU diagendakan PSU di TPS 7 Lingkungan Wawulaka, Kelurahan Katilombu, Rabu, 21 Februari 2024. Namun karena ketersediaan surat suara yang dimintakan di KPU Provinsi belum ada. Akibat masih dalam proses perjalanan dari pihak penyedia logistik. Akhirnya baru ditetapkan PSU digelar, Sabtu, 24 Februari 2024.

Diakui, penyebab PSU di TPS 7 Kelurahan Katilombu akibat salah seorang pemilih memiliki KTP Halmahera Provinsi Maluku. Tidak terdaftar di DPT KPU Busel. Yang bersangkutan terdaftar di DPT Weda.

Jenis surat suara yang di PSU-kan adalah jejang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD dan DPR RI.

  • Bagikan