Pileg DPRD Buton Selatan. Lebih Separuh Petahana Tumbang

  • Bagikan
PLENO KPUD BUSEL: Sejumlah saksi Parpol menandatangani hasil rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara.(NUSMA)

BUTONPOS.SEBANYAK 25 orang terpilih menjadi anggota DPRD Buton Selatan (Busel) periode 2024-2029 hasil pemungutan suara 14 Februari 2024 lalu.

Sesuai rapat pleno KPU Busel rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Busel, Senin (4/3/2024) yang digelar di aula salah satu hotel di Batauga.

Ketua KPU Busel Hastun menyatakan, pleno sesuai tahapan. Semua saksi bertanda tangan untuk pleno jenis pemilihan DPRD tingkat Kabupaten Busel.

Namun demikian, Hastun belum dapat menyampaikan secara rinci siapa saja yang lolos menduduki kursi DPRD Busel periode 2024-2029.

“Karena mengantisipasi jangan sampai masih terdapat keberatan dari partai lain yang ingin menyampaikan perselisihan hasil pada Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya kepada media.

“Berita acara pada tingkat kabupaten kota ini kan dijadikan objek sengketa. Mungkin setelah Ini akan diajukan di Mahkamah Konstitusi (MK),” tambah mantan komisioner Bawaslu Busel ini.

Ia menambahkan, untuk sementara pihak KPU Buton Selatan belum menemukan apakah ada yang keberatan dari hasil rekapitulasi hasil pada tingkat Kabupaten Buton Selatan.

Lebih jauh dijelaskan perselisihan angka antara jumlah surat suara yang diterima, penggunaan surat suara, dan sisa surat suara, Hastun telah memastikan di tingkat KPU Kabupaten sudah selesai teratasi semua. “Sudah clear di pleno tadi,” tandasnya.

Untuk anggota DPRD Kota/Kabupaten dan DPRD Provinsi, pengucapan sumpah/janji akan disesuaikan dengan habisnya masa jabatan anggota sebelumnya. Sementara bagi anggota DPD dan DPR pengucapan sumpah/janji akan dilaksanakan pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Berdasarkan data yang ada, 11 petahana tumbang. (lengkapnya lihat grafis).

Artinya lebih separuh anggota dewan tidak terpilih lagi. Perlu diketahui, lima tahun lalu, jumlah anggota DPRD Busel sebanyak 20 orang.

Tahun ini ada penambahan lima orang. Dengan demikian, total anggota dewan periode 2024-2029 sebanyak 25 orang.(aga)

  • Bagikan