NICU RSUD Baubau. Layanan Unggulan, dr H Sadly Salman SpOG: Selalu Full Bed

  • Bagikan
dr H Sadly Salman SpOG

Kira-kira apakah ada langkah untuk menuju ke sana, menuju ke-30 (bed)?

Ya, kami pada dasarnya hampir setiap tahun, seperti janji-janji kami bahwa akan improve, walaupun tidak langsung sampai segitu. Kami berusaha untuk menambah.

Karena NICU ini merupakan salah satu produk unggulan, itu yang akan kami push ke depan. Kita akan berusaha untuk kalau bisa sampai ideal mungkin.

Jadi, tidak ada pasien yang harus rujuk, atau tidak ada pasien kesulitan untuk mendapatkan layanan Neonatal ICU. Karena itu sangat urgen dan gawat darurat bagi bayi-bayi yang sangat membutuhkan.

Sebelumnya ada bayi dari Buteng, dan alhamdulillah bisa sembuh kembali, bisa diceritakan soal itu?

Yang saya tahu bayi itu lahir, berat badannya sangat rendah. Kalau tidaksalah di bawah 1 kilo. Kami merawat sampai 2 bulan.

Bisa dibayangkan, banyaknya pengeluaran yang kita pakai sampai dia bisa mencapai berat badan 1,5. Sehingga dia sudah bisa hidup di luar. Itu salah satu tantangan yang kita bisa ambil positifnya di NICU.

Ada bayi-bayi yang kurang bulan, yang gangguan paru-paru yang berat. Dengan keterampilan dan alat-alat kesehatan yang mumpuni, insyaallah sebenarnya bisa kita merawat.

Segalanya bisa dilakukan kalau sarana, SDM sangat-sangat bagus untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

Itu salah satu contoh saja, banyak lagi daerah-daerah yang lain mengirim bayinya dengan kondisi sangat urgen dan butuh perawatan. Alhamdulillah kita kalau seandainya bednya ada pasti kita akan rawat.

Dengan ini tentu berarti kita sudah mampu menekan kematian ibu dan anak?

Ya.

Kira-kira angka keberhasilan kita dalam mencegah kematian ibu dan anak sampai berapa persen?

Kalau untuk kematian bayi mungkin kami bisa menekan 20 sampai 30 persen. Karena pada dasarnya kalau yang lahir di rumah sakit mungkin terkontrol semua. Yang tidak bisa kontrol adalah yang dari luar. Dari luar bisa menyumbang kelahiran sampai 60 atau 70% persen kelahiran.

Tidak semua lahir di RSUD Kota Baubau. Makanya dengan ada NICU, kita alhamdulillah bisa menekan kematian bayi. Kecuali dia terlambat merujuk atau ada kelainan bawaan yang sangat kompleks, itu memang kalau susah sekali.

Namun kalau seandainya datang tepat waktu, dan dengan sistem rujukan yang mumpuni, saya pikir kita bisa menekan angka kematian sedini mungkin.

Apa yang mau disampaikan kepada masyarakat terkait dengan fasilitas NICU?

Kepada masyarakat hendaknya, pertama, melahirlah di Rumah Sakit, karena jika seandainya bayi Anda harus dirujuk, ada sistem rujukan yang dilakukan oleh rumah sakit. Sehingga antar rumah sakit kita bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasien. Maksudnya pasiennya pasien bayi tadi.

Tapi kalau seandainya dirujuk melanjutkan di rumah, sangat tantangan sangat besar sekali. Karena stepnya akan akan sangat berjenjang, harusnya dihindari.

Jadi pertama, kami mengharapkan doa dari masyarakat agar NICU RSUD Kota Baubau terus berkembang dan mencapai hal yang ideal seperti apa yang saya bicarakan tadi.

Kedua, kamu juga mohon dari pemerintah agar tetap terus mensupport RSUD Baubau, baik sarana, SDM, maupun alat kesehatan yang lebih mumpuni. Sehingga kita bisa bekerja dengan baik dan tenang sehingga kita bisa menurunkan angka kematian bayi lebih tinggi lagi.(***)

  • Bagikan