Kesedihan Jordi Amat karena Gagal Tampil di Kualifikasi Piala Asia

  • Bagikan
Jordi Amat. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Jordi Amat. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)

Jordi Amat hanya bisa menyaksikan lewat layar kaca saat tim nasional Indonesia berlaga dalam pertandingan kualifikasi Piala Asia 2023. Dia tidak bisa ikut bertanding karena proses naturalisasinya belum selesai.

—-Taufiq Ardyansyah, Kabupaten Bandung—-

SUASANA hati Jordi Amat langsung berubah saat mendapat kabar proses naturalisasinya belum selesai menjelang dimulainya pertandingan kualifikasi Piala Asia 2023.

Kenyataan itu membuatnya sedih. Padahal, Jordi sangat ingin membantu perjuangan Indonesia di Kuwait. Dia tahu ada dua lawan yang bakal menjadi batu sandungan Indonesia. Yaitu, Jordania dan tuan rumah Kuwait.

Namun, Jordi berusaha tetap tegar. Meski belum bisa tampil di kualifikasi Piala Asia 2023, pesepak bola kelahiran Spanyol 30 tahun lalu itu tetap bersemangat menjalani latihan bersama timnas Indonesia.

Bahkan, dia mengikuti sesi official training menjelang pertandingan Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (31/5) malam.

”Saya ingin mengenal teman-teman, pelatih, dan staf lainnya di timnas Indonesia. Itulah mengapa saya datang ke Indonesia. Seharusnya kami sudah siap main. Tapi, kenyataannya memang belum bisa,” ujar mantan pemain Espanyol itu.

Meski demikian, tidak ada sedikit pun penyesalan di hati Jordi karena sudah memutuskan berpindah kewarganegaraan. Menurut pemain yang pernah berkarier di Liga Inggris bersama Swansea City pada 2013–2018 itu, tidak ada perjuangan yang berakhir sia-sia.

”Kami sudah melakukan semuanya sejak hari pertama. Banyak pihak yang membantu saya dan Sandy Walsh. Memang prosesnya rumit. Begitu juga saat nanti mengurus proses perubahan asosiasi. Namun, kami akan terus mencoba dan berusaha. Semoga kami bisa bergabung dengan timnas Indonesia pada waktu yang akan datang,” terang Jordi.

  • Bagikan