Pelni Baubau Masih Berjibaku Meladeni Penumpang Arus Balik

  • Bagikan
J.S Sitorus
J.S Sitorus

BAUBAU – PT Pelni Cabang Baubau disibukkan arus balik yang berkepanjangan. Hingga H+30 Idul Fitri 1443 H/2022 M, perusahaan plat merah itu masih saja berjibaku dengan kepadatan penumpang melalui pelabuhan Murhum.

“Sampai dengan H+30 hari raya Idul Fitri tahun ini, arus balik di pelabuhan Murhum Baubau ini masih berlangsung. Bahkan, penumpang naik ke arah (Indonesia) timur kemungkinan masih padat sampai bulan depan,” ujar Kepala Cabang PT Pelni Baubau, J.S Sitorus dikonfirmasi di kantornya, Jum’at (3/6/2022).

Kata dia, pihaknya memang belum bisa memastikan sampai kapan berlangsung arus balik Idul Fitri tahun ini. Namun, pihaknya prediksi fenomena kepadatan penumpang Pelni di Baubau khususnya tujuan ke Indonesia timur masih berpotensi lanjut hingga libur sekolah atau sebulan ke depan lagi.

“Misalnya, sekarang kapal Ciremai tujuan ke timur dalam waktu dekat itu tiket seat (kursi) sudah habis terjual. Sedangkan, kapal Lambelu ke arah barat tujuan Makassar, Pare-Pare, Balikpapan, Tarakan, dan Nunukan rata-rata mencapai lebih kurang 1.200 penumpang,” ujarnya.

Menurut dia, penumpukan calon penumpang ini lantaran pelabuhan Murhum ibarat seperti ‘mangkok bakso’. Keberangkatan calon penumpang dari daerah sekitar seperti Kabupaten Buton, Wakatobi, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, Muna termasuk Kota Kendari terfokus di pelabuhan Murhum Baubau tujuan Indonesia timur.

“Penumpang yang naik dari pelabuhan Baubau ini rata-rata 1.000 lebih. Sementara, pelabuhan-pelabuhan lain itu hanya 300 sampai 400. Kalau kita estimasi sudah ada 20 ribu penumpang arus balik sejak awal Mei lalu. Jadi, pelabuhan Baubau ini masih padat, kalau pelabuhan-pelabuhan lain sudah santai,” tuturnya.

  • Bagikan