Rusman Emba Ingin Sukseskan Jamda se-Sultra di Muna

  • Bagikan
Rapat persiapan jambore daerah di Muna. (Foto: Anuardin)
Rapat persiapan jambore daerah di Muna. (Foto: Anuardin)

MUNA — Bupati Muna, Rusman Emba ingin pelaksanaan Jambore Daerah (Jamda) di Muna berjalan sukses. Ia pun mengajak seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggelar rapat persiapan penyelanggaraan Jambore Daerah (Jamda) di Bumi Perkemahan Warangga, Sabtu, 04/06/2022.

Dalam laporannya, Ketua Kwartir Cabang Muna, Ashar Dulu menyampaikan bahwa panitia penyelenggara kegiatan Jamda dibuat oleh Kwartir Daerah, sedangkan Kwarcab Muna hanya menyiapkan fasilitas di Bumi Perkemahan termasuk sarana dan prasarananya.

“Selain bumi perkemahan kita akan mempersiapkan hal-hal di luar bumi perkemahan. Misalnya, homestay bagi pimpinan-pimpinan Kwarcab se-Sultra, dan kami berencana menggunakan hotel terapung Kun-kun. Karena sebelum mereka masuk di Buper ini ada beberapa kabupaten yang akan tiba dan akan menikmati suasana kota Raha,” terangnya.

Selain itu, Ashar Dulu juga melaporkan kepada Bupati Muna mengenai fasilitas sarana dan prasarana Buper Warangga yang membutuhkan dukungan Pemda Muna. Terutama mengenai sarana air bersih, panggung rijin, sanitasi, listrik, dan MCK termasuk dengan sarana akses jalan masuk di dalam Bumi Perkemahan.

Tak hanya itu, lanjut Ashar Dulu, armada transportasi bus yang akan digunakan untuk kunjungan tempat-tempat wisata di Kabupaten Muna maupun yang akan digunakan untuk kegiatan di luar Buper yang mesti disiapkan oleh Pemda Muna.

“Lokasi Buper ini kami sudah siapkan, kaplingan tempat masing-masing kabupaten sudah ada, karena ini hutan lindung maka fasilitas yang akan kita gunakan sifatnya darurat. Untuk mendukung perkemahan nanti yang paling terpenting nanti adalah fasilitas air bersih, termasuk fasilitas MCK dan panggung rijin untuk kebutuhan upacara,” sebutnya.

Mantan Kadikbud Muna ini juga meminta kepada Bupati Muna agar mengeluarkan instruksi kepada seluruh kepala OPD, camat, kepala desa, lurah, para kepala sekolah, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Muna untuk membuat baliho atau spanduk sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Jambore Daerah tingkat Sulawesi Tenggara tahun 2022 di Kabupaten Muna.

“Panitia provinsi berharap gaung dari Jambore Daerah ini tidak kelihatan hanya di bumi perkemahan, tetapi mulai masuk di pelabuhan Raha, pelabuhan Tampo, Pelabuhan Pure-Lagasa, di bebatasan Muna- Buteng pintu masuk Wakuru dan perbatasan Muna-Mubar sudah memasang informasi dalam bentuk baliho,” sebutnya.

  • Bagikan