Jamda Sultra di Muna Dihadiri Ratusan Peserta

  • Bagikan
Upacara Pembukaan Jamda yang dibuka oleh Staf Ahli Gubernur, Harmin Ramba. (Foto: Anuardin)
Upacara Pembukaan Jamda yang dibuka oleh Staf Ahli Gubernur, Harmin Ramba. (Foto: Anuardin)

MUNA — Pelaksanaan Jambore Daerah (Jamda) tingkat Sulawesi Tenggara tahun 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tenggara yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Harmin Ramba di Bumi Perkemahan Warangga, Minggu, 19/06/2022.

Dalam pembukaan Jamda tersebut dihadiri oleh sejumlah bupati antara lain, Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Wakil Bupati Muna, Drs. Bachrun Labuta, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, Pj Bupati Buton Tengah, Muh. Yusup dan Ketua Kwartir Daerah, Irawan L. Para Kepala OPD lingkup Pemprov Sultra, seluruh Kepala OPD lingkup Pemda Muna dan ketua-ketua Kwartir Cabang se-Sulawesi Tenggara.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Jamda, Yoo Ekayana Kamsil menyebutkan peserta, Binadamping dan Pimpinan Kontingen Cabang yang mengikuti Jambore berjumlah 600 orang lebih.

“Kwartir Cabang yang berpartisipasi dalam Jamda tahun ini sebanyak 15 Kwarcab se-Sultra dari 17 Kwarcab se-Sultra. Kedua Kwarcab tersebut adalah Wakatobi dan Buton,” debutnya.

Ketua Panitia juga mengatakan bahwa Jambore ini merupakan pertemuan besar bagi Pramuka berusia Penggalang yang dikemas dalam bentuk Aktif, Gembira, Merdeka.

“Pada hakekatnya jambore, merupakan festival tanpa ada lomba, anak-anak akan mengikuti berbagai kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Di lain pihak, Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara, Irawan L mengatakan dengan adanya Jamda kali ini diharapkan akan terjalin silahturahmi antara sesama pramuka penggalang se-Sultra.

“Saya berharap adik-adik dari seluruh Kontingen Cabang dapat berbaur dengan alam ini. Manfaatkan Jamda ini untuk menjalin silahturahmi sesama anggota Pramuka,” pesannya.

Ia juga mengatakan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan Jamda ini sebagai bentuk persiapan Kwarcab di Sultra untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional tahun 2022 di Cibubur Jakarta.

“Ada Jamnas tahun ini, jadi kegiatan Jamda merupakan bentuk untuk persiapan Kontingen Kwartir Daerah di kegiatan Jamnas. Sehingga di Jamda ini bagaimana anak-anak penggalang bisa menciptakan kekompakan sehingga bisa membawa nama baik Sultra di Jamnas nanti,” ujarnya.

  • Bagikan