Dua Siswa SMPN 18 Baubau Wakili Sultra di O2SN Cabang Pencak Silat

  • Bagikan
Foto bersama atlet, pelatih dan Wakasek Kesiswaan usai seleksi O2SN tingkat Kota Baubau. (Foto Ist)
Foto bersama atlet, pelatih dan Wakasek Kesiswaan usai seleksi O2SN tingkat Kota Baubau. (Foto Ist)

BAUBAU – Dua siswa asal Kota Baubau akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke tingkat nasional pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang pencak silat. Keduanya yakni Aqila Nur Ikhsana, kelas seni tunggal putri dan Faiz Rizky Raona, kelas seni tunggal putra. Keduanya merupakan siswa di SMPN 18 Baubau.

Prestasi ini merupakan kali pertama untuk SMPN 18 pada ajang olahraga Pencak Silat Wakasek Kesiswaan, sekaligus penanggung jawab kegiatan ekstakulikuler, Arman Ngkaule mengungkapkan hal ini menjadi kebanggaan sekolah.

“Ini prestasi terbesar untuk kami di SMPN 18 Baubau bisa meloloskan 2 orang pencak silat putra putri ke tingkat nasional,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan prestasi ini tidak diraih secara instan, namun sudah dilakukan pembinaan sejak lama, dan juga pembinaannya telah didanai oleh dana BOS termasuk biaya transportasi untuk pelatih setiap bulannya, sehingga siswa diberi motivasi agar pilih minat bakatnya dan semua difasilitasi oleh sekolah.

Kedua siswa ini di tahun sebelumnya juga telah mengikuti kejuaraan yang sama pada tingkat Kota Baubau namun belum berhasil melaju ke babak selanjutnya.

“Sebelumnya tahun lalu sudah pernah mewakili sekolah untuk ikut seleksi tingkat Kota Baubau, namun karena pengaruh pandemi yang mempengaruhi waktu latihan sehingga terhalang untuk melaju ke babak berikutnya, dari situ saya sampaikan kepada mereka untuk terus berusaha dan belajar dari kegagalan sehingga mereka terus berusaha, ditambah lagi dukungan dari orang tua,” jelasnya.

Arman juga merasa bangga kepada para pelatih yang tidak pernah bosan mempersiapkan para atletnya untuk meraih prestasi, ia berharap prestasi ini dapat menunjang motivasi kepada siswa yang ada di sekolah.

  • Bagikan