Wali Kota Baubau Butuh SDM Tangkas

  • Bagikan
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse. (Foto Texandi)
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse. (Foto Texandi)

BAUBAU – Tidak terasa (Alm) AS Tamrin dan La Ode Ahmad Monianse sudah empat tahun menahkodai Kota Baubau. Pasangan yang mengusung jargon Tampil Manis itu masih punya setahun untuk merealisasikan visi misi.

Kini, Ahmad Monianse punya tanggung jawab mewujudkan visi Baubau yang maju, sejahtera, dan berbudaya. Politisi PDIP itu mewarisi tahta Wali Kota Baubau sejak ditinggal wafat oleh AS Tamrin pada 13 Januari 2022.

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau baru saja mengekspos capaian pembangunan empat tahun Tampil Manis, Kamis (13/10). Monianse memaparkan 20 target indikator kinerja utama kepala daerah dengan rincian 10 predikat hijau serta kuning dan merah masing-masing lima.

Setiap indikator menggambarkan capaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. Hijau berarti terlampaui, kuning tercapai, dan merah sama dengan minim atau di bawah target. Monianse merasa perlu disokong Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangkas untuk mendongkrak kinerja merah hingga September 2023 mendatang.

Adapun kinerja yang mendapat rapor merah itu antara lain penurunan signifikan pertumbuhan nilai investasi dari 12 persen menjadi 2,25 persen dari target 9,60 persen dan laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor perikanan/pertanian 3,15 persen, menurun dibandingkan tahun 2020 yakni 4,83 persen.

“Saya pikir tinggal pada konsistensi pada perencanaan yang telah kita tetapkan. Olehnya itu, Sumber Daya Manusia masih akan menjadi prioritas saya di satu tahun terakhir,” kata Monianse dikonfirmasi usai ekspos kinerja empat tahun Tampil Manis di aula Maedani.

  • Bagikan