Forum Pemerhati Desa Demo Kejelasan Jadwal Pilkades, Rustam: 24 November

  • Bagikan
DEMO : Forum Pemerhati Desa saat berunjukrasa di kantor DPMD Muna dan DPRD Muna. (Foto : Anuardin)
DEMO : Forum Pemerhati Desa saat berunjukrasa di kantor DPMD Muna dan DPRD Muna. (Foto : Anuardin)

MUNA – Sejumlah elemen masyarakat dari Desa Lankomapo dan Desa Napalakura Kecamatan Napabalano menggelar aksi unjukrasa di Kantor DPMD dan Kantor DPRD Muna, Senin, 21/10/2022.

Massa yang mengatas namakan Forum Pemerhati Desa dipimpin oleh salah satu anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dari desa Langkomapo. Mereka menuntut pihak DPMD untuk menjelaskan dan mastikan waktu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang selalu mengalami penundaan.

“Kami hadir di sini meminta penjelasan dari Kepala Dinas PMD agar menjelaskan kepada kami kenapa Pilkades selalu ditunda, kami meminta kepastian kapan waktu pelaksanaan Pilkades, karena kami masyarakat sudah dibuat resah akibat Pilkades selalu ditunda,” teriak Korlap yang juga anggota PPKD Desa Langkomapo, La Ode Toni.

Tak hanya itu, Toni menuntut kepada DPRD Muna agar bersikap tegas menjalankan fungsi pengawasan untuk mengevaluasi kinerja DPMD Muna.

“Kami juga mendesak DPRD agar bersikap tegas terhadap kinerja DPMD yang bekerja tidak profesional dalam menyelenggarakan Pilkades,” ujarnya.

Setelah beberapa jam berunjuk rasa di Kantor DPMD, massa kemudian ditemui Kadis DPMD Muna, Rustam. Di hadapan masyarakat Forum Pemerhati Desa, Kepala DPMD Muna yang juga Ketua Desk Pilkades, menegaskan bahwa pelaksanaan hari pencoblosan Pilkades serentak di Kabupaten Muna tidak akan berubah di tanggal 24 November 2022.

Hal itu kata Rustam sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Muna Nomor 546 tahun 2022 bahwa hari H Pencoblosan Pilkades yang direncanakan pada tanggal 20 November diundur sampai pada tanggal 24 November 2022.

“Jadi kami tegaskan Pilkades serentak tingkat Kabupaten Muna dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 24 November 2022,” tegasnya.

Sebagai bentuk konsistensinya, mulai hari ini pihak Desk Pilkades akan menyalurkan logistik Pilkades di seluruh desa se-Kabupaten Muna.

  • Bagikan