KPU Baubau Usul Perubahan Dapil, Arifuddin Merasa Merepotkan

  • Bagikan
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Baubau Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Arifuddin
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Baubau Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Arifuddin

BAUBAU – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Baubau Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Arifuddin menyikapi rancangan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) yang dilakukan KPU.

Arifuddin menilai, upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau yang ingin memekarkan Dapil akan menyusahkan partai, termasuk partai besutan Surya Paloh tersebut.

“Coba kita rubah lagi ini Dapil maka kita akan direpotkan,” kata Arifuddin kepada awak media ini seraya perlihatkan sikap penolakan adanya rancangan penataan Dapil itu ditemui di kediamannya, kemarin.

“Jadi kalau saya sikap Partai Nasdem itu kemarin kita sudah dalam bentuk pernyataan bahwa sepanjang tidak ada perubahan kursi maka Dapil itu ditetapkan dulu seperti sebelumnya,” pungkasnya.

Kata dia, partai akan kerepotan untuk melakukan rekrutan kembali terhadap calon legislatif (Caleg) sementara partai sebelumnya sudah mempersiapkan Caleg.

“Karena kita fokus dalam bagaimana Caleg-caleg yang kita sudah rekrut ini untuk kita fokuskan bekerja karena ketika lakukan perubahan Dapil maka kita harus mencari Caleg,” katanya.

Diketahui, formasi Dapil sebelumnya untuk Dapil satu terdiri Kecamatan Betoambari, Murhum dan Batupoaro. Dapil dua Kecamatan Wolio dan untuk Dapil tiga terdiri dari Kecamatan Sorawolio, Kokalukuna, Bungi dan Lea-lea.

Lanjutnya, mantan anggota dewan ini mengusulkan kalaupun mengalami perubahan, misalnya Dapil dua Wolio bergeser menjadi Dapil tiga menurutnya itu boleh-boleh saja sepanjang tidak ada pemekaran Dapil.

“Jadi tetap kita konsisten dapil satu Betoambari, Murhum dan Batupoaro. Dapil dua itu Wolio tapi terserah kalau mau jadi Dapil tiga tapi formasinya tetap masih seperti dulu. Kemudian Bungi, Sorawolio dan Kokalukuna satu Dapil,” jelasnya.

“Jadi mau diputar dapilnya tidak ada persoalan taruhlah Wolio tadi Dapil dua jadi sekarang jadi Dapil tiga itu kita setuju. Tetapi untuk pemekaran Dapil kita belum waktunya, belum saatnya untuk kita bahas itu,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan KPU Baubau menawarkan tiga format kursi DPRD Baubau untuk Pemilu 2024. Dua opsi di antaranya merupakan format anyar.

  • Bagikan