Wali Kota Baubau Hadiri Pesta Panen Rumput Laut dan Mabe

  • Bagikan

BUTONPOS. BAUBAU – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menggelar acara makan bersama masyarakat dalam rangka pesta panen rumput laut dan mabe yang adakan masyarakat Kelurahan Palabusa, Kecamatan Bungi, Kota Baubau. Jumat, (20/1/2023).

Kegiatan tersebuta menurut masyarakat merupakan ucapan rasa syukur atas melimpahnya rumput laut dan mabe di perairan Kelurahan Palabusa.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyatakan kegiatan pesta panen rumput laut ini merupakan kegiatan yang harus tetap dilestarikan setiap tahunya, di mana masyarakat di Kelurahan Palabusa nantinya akan lebih bersemangat lagi untuk memelihara rumput laut,” tuturnya.

Karena itu, ke depanya para petani rumput laut lebih sejahtera lagi dari tahun ini.”Pesta ini nantinya akan menjadi pelengkap kepariwisataan di Kota Baubau, dan ini juga akan di padukan dengan kegiatan lainya, agar bisah satu paket dengan kebudayaan pariwisata di Kota Baubau,” tambahnya.

Saat ini rumput laut merupakan komoditi yang unggul, namun saat ini diakui kalau pemerintah belum bisah menata dengan baik,

Monianse berjanji ke depanya melalui balai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas nelayan rumput laut.”Kita akan ajarkan bagaimana cara pengelolaanya, dan bagaimana paska panen nyai, hal ini semua akan di ajarkan,” katanya

Kadis Pariwisata Kota Baubau H Idrus Taufik menyatakan jika kegiatan pesta panen rumput laut yang ada di Kelurahan Palabusa mau tetap dilestarikan maka Dinas Pa0oriwisata akan promosikan.

Dimana ada 8 kecamatan dan 43 Kelurahan di Kota Baubau masing masing memiliki kebiasaan dan merupakan tradisi turun temurun untuk dilakukan,”ucap mantan kadishub Kota Baubau ini.

Karena itu, perlu diadakan kalender event yang masing-masing kelurahan yang terdapat adat kebiasaan atau ritual kebudayaan agar bisah di jadwalkan untuk dilakukan rekapitulasi yang terangkum dari semua agenda Kota Baubau.

  • Bagikan