LM Sumarlin Tanpa Kompetitor di Muskab Kadin Buton

  • Bagikan

BUTONPOS. BAUBAU – La Ode Muhammad Sumarlin selangkah lagi menduduki jabatan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Buton Periode 2023-2028. Ia menjadi calon tunggal pada Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV Kadin Buton.

LM Sumarlin dipastikan tanpa lawan atau kompetitor setelah tahap pengembalian berkas ditutup Senin (30/1) pukul 16.00 Wita. Di mana pendaftaran calon Ketua Kadin Buton tersebut sudah dibuka sejak 22 Januari 2022 di salah satu hotel ternama di Kota Baubau.

“Sampai dengan penutupan hari ini, hanya satu calon yang mengembalikan berkas pendaftaran yaitu LM Sumarlin. Beliau adalah Direktur PT Tiara Abadi Sentosa, perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti pertambangan dan perhubungan,” kata Direktur Eksekutif Kadin Sulawesi Tenggara (Sultra), Budi Amin dikonfirmasi via telepon seluler.

Ia menguraikan, beberapa persyaratan untuk menjadi Ketua Kadin kabupaten/kota yaitu memilki Kartu Tanda Anggota (KTA) Kadin yang masih aktif, mendapatkan dukungan pengusaha anggota Kadin di tahun berjalan, dan dua tahun berturut-turut pengurus Kadin atau pernah terdaftar sebagai pengurus Kadin di semua tingkatan.

“Pak Sumarlin ini pernah menjadi salah satu pengurus Kadin Sulawesi Tenggara. Jadi, berdasarkan peraturan organisasi itu jelas bahwa yang bersangkutan (LM Sumarlin, red) telah memenuhi syarat sebagai calon Ketua Kadin Kabupaten Buton,” ujarnya.

Lebih jauh, jelas Budi, pada dasarnya Kadin adalah sebuah organisasi yang dibentuk dengan berdasarkan Undang-undang dan ditindaklanjuti Keputusan Presiden (Keppres). Di mana, Kadin menjadi rumah bagi para pengusaha mulai dari skala besar hingga mikro.

  • Bagikan