Pantauan Cuaca, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

  • Bagikan

BUTONPOS. BAUBAU–Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan adanya perubahan cuaca. Saat ini, telah memasuki musim hujan.

Demikian dikatakan Forecester BMKG Baubau, Stevyano M Simorangkir STr malalui media ini, Kamis (9/2). Ia mengungkapkan, berdasarkan pantauan cuaca secara umum telah memasuki musim hujan. Hanya saja, ada beberapa kendala dari sirkulasi udara yang menyebabkan tidak sering terjadi hujan pada Januari lalu.

Dikatakan, malahan musim hujan mundur pada Februari. Lanjut dia, adapun penyebabnya secara meteorologi untuk saat ini adanya siklon tropis. Menurutnya, meskipun bukan di Indonesia namun sedikit berpengaruh dalam pertumbuhan awan. Sehingga keadaan cuaca terjadi seperti saat ini (Hujan, red).

“Makanya cuaca kayak gini. Kalau gelombang sebenarnya dipengaruhi kecepatan dan arah angin. Sedangkan kecepatan arah angin yang terjadi di laut itu juga sebenarnya di pengaruh pertumbuhan awan ini, “ucap Stevyano, di ruang kerjanya.

Stevyano menambahkan, adapun kecepatan angin bila pertumbuhan awan semakin tinggi, maka ikut berpengaruh pada gelombang di wilayah perairan. Selain itu, setiap hari BMKG selalu mengupdate informasi-informasih mengenai gelombang. Meskipun tinggi gelombang di wilayah perairan tidak dapat diprediksikan dikarenakan selalu berubah-rubah.

  • Bagikan