Pemda Muna Minta Maaf, DPRD Muna Bakal Temui Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

  • Bagikan

BUTONPOS. RAHA— Setelah dua kali ditunda akhirnya pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna menghadiri Undangan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPRD Muna. Kali ini Pihak Pemda dihadiri langsung oleh Sekda Muna dan Kadis PMD Muna, Jumat, 17/02/2023.

Agenda RDP tersebut membahas tentang surat dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri parihal tanggapan terkait Penetapan calon kepala desa terpilih dan mendengarkan hasil konfirmasi Pemda Muna di Kemendgri.

Dihadapan Komisi I DPRD Muna, Kadis PMD Muna Rustam menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan klarifikasi kepada pihak Dirjen Bina Pemdes terkait surat pengangkatan 4 Kepala Desa tersebut.

“Pada saat kami klarifikasi, Pemda di beri waktu untuk memberikan klarifikasi hukum secara tertulis, lampirkan bukti-bukti dan dokumen dan kemudian akan dikaji dan pelajari dan pada akhirnya akan diberikan tanggapan balik hasil klarifikasi itu yang merupakan bagian dari tanggapan surat dari Pemda,”ujarnya.

Sementara itu, Sekda Muna Eddy Uga saat ditemui usai mengikuti RDP mengatakan bahwa terkait permintaan Pihak Kemendagri agar Pemda Muna meminta maaf atas pernyataan Kadis PMD Muna Rustam, dirinya meyampaikan bahwa ada mis komunikasi antara Pemda Muna dengan pihak Kemendagri. Menurutnya secara resmi memang Pemda Muna tidak mengatakan pihak Kemendagri meminta maaf.

Olehnya itu, Sekda Muna menyampaikan bahwa secara struktur Pemerintah Daerah Kabupaten Muna mengucapkan mohon maaf Kepada Kemendagri akibat komunikasi yang tidak berjalan sebagaimana yang dikehendaki

“Kami dari Pemda secara resmi tidak mengatakan Kemendagri miminta maaf, tetapi sekali lagi saya katakan permasalahan ini kami akan selesaikan. Kami juga mungkin, ada hal-hal yang tidak berkenang dan komunikasi mungkin tidak berjalan sebagaimana dikehendaki, maka kami secara terstruktur Pemerintah Daerah mengucapkan mohon maaf dan kami akan mengikuti semua apa yang menjadi keputusan Pemerintah Pusat, karena Kabupaten Muna bagian dari NKRI,”ujarnya.

  • Bagikan