Kawasan Kontu Turun Status, Bupati Muna Restui Warga Mengurus Sertifikat.

  • Bagikan

BUTONPOS. RAHA. Bupati Kabupaten Muna, LM Rusman Emba melakukan pertemuan dengan masyarakat yang tinggal di Kawasan hutab Kontu, kelurahan Raha III, Kecamatan Katobu, Selasa 21/02/2023.

Pertemuan tersebut dalam rangaka pembebasan lahan Kawasan Hutan Kontu menjadi kawasan permukiman warga, dimana kawasan hutan tersebut telah berubah status menjadi kawassn permukinan.

Bupati Muna, L.M. Rusman Emba mengatakan kawasan Kontu dan warangga sudah berubah status sehingga masyarakat yang menghuni di kawasan kontu sudah bisa dibuat aertifikat.

Namun dalam proses pengurusan sertifikat lanjut Rusman, diminta agar tak ada lagi polemik yang mesti diperdebatkan terkait lahan dan lokasi mana saja yang akan disertifikatkan.

“Saya tidak menghalangi masyarakat, apalagi saya yang mengusulkan penurunan status di Kementerian Kehutanan dan berkoordinasi dengan Ibu Menteri Nurbaya,” ujarnya.

Rusman menyampaikan, bagi masyarakat yang telah mengolah dan memiliki lahan dikawasan kontu diminta segera mengurus dokumen sertifikat sebagai mana telah diatur dalam persyaratan pengurusan sertifikat.

“Apalagi saya atas nama Pemda dan secara pribadi memberi restu dan menyetujui,”timpalnya.

Melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan 1.000 sertifikat yang dikeluarkan sehingga masyarakat harus segera mungkin melakukan pengurusan dokumen dan pengukuran lahan.

“Semenjak 7 tahun yang lalu sudah saya pikirkan pengembangan Kota. Kita sudah bebaskan sekitar 200 ha, masih ada 400 ha yang mau dibebaskan lagi,” terang Rusman.

  • Bagikan