Tujuh Rumah Dihajar si Jago Merah, 4 Rumah Hangus, Kerugian Mencapai Rp 2 Miliar

  • Bagikan

Tujuh Rumah Dihajar si Jago Merah, 4 Rumah Hangus, Kerugian Mencapai Rp 2 Miliar

BUTONPOS. BAUBAU -Tujuh rumah di Kota Baubau dihajar si jago merah. Dugaan api bersumber dari salah satu rumah pangung yang terbuat dari papan milik warga di RT 1 RW 2 Kelurahan Bukit Wolio Indah. Api merembet ke rumah tetangga dan api melebar hingga menghanguskan 4 rumah warga. Selain itu, ada 3 rumah warga yang terkena dampak api.

Kerugian dari kebakaran tersebut menurut salah seorang pemilik rumah mencapai sekitar Rp 2 miliar lebih.

Zaliati (48) salah seorang pemilik rumah yang hangus terbakar mengatakan sumber api dari rumah panggung yang di huni oleh ibu Nayana,”Saya sudah berapa kali peringatkan dia (Nayana) karena kami lihat api itu bermula terbakar dari rumahnya. Dia sudah kebiasaan kalau masak dia tinggalkan rumahnya, baru dia memasak selalu di siang hari, sementara mereka hanya berdua dengan anaknya,” tutur Zaliati.

Menurut Zaliati, mereka sudah berapa kali tegur Nayana, tapi dia bilang tidak apa karena dia masak di tunu.

Zaliati sendiri mengalami kerugian sekitar Rp.1 miliyar dan kakaknya Darlin juga ratusan juta rupiah. Di antaranya rumah panggung yg memiliki rumah tambah dua pintu, rumah kos, puluhan baju adat buton dan alat pelaminan pesta pernikahan tambah satu unit motor, dua tV, surat tanah dan ijazah hangus terbakar, saat kejadian, tidak ada sisa hanya baju di badan saja. “Saat ini kami tidak tahu mau tinggal di mana, semua habis terbakar,” katanya.

Tajudin, keluarga korban menyesalkan keterlambatan pemadam kebakaran, api sudah merambat ke rumah tetangga baru datang. “Kami pahami, keterlambatan pemadam di karenakan semua itu dari jarak,” katanya

Tajudin berharap Pemerintah memiliki perhatian kepada korban kebaran, karena saat ini mereka sudah tidak ada lagi tempat tinggalnya. “Barang barang miliknya habis semua terbakar,” pintahnya.,

Kabid Penyelamatan Pemadam Kebakaran Kota Baubau La Ode Nur Alamdaka mengatakan, 7 mobil Damkar Kota Baubau dikerahkan dengan rata rata pengisian air dua kali.

  • Bagikan