Bupati Muna Buka STQ ke-29 di Kecamatan Tongkuno

  • Bagikan

Bupati Muna Buka STQ ke-29 di Kecamatan Tongkuno

BUTONPOS. RAHA — Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-29 tingkat Kabupaten Muna di Kecamatan Tongkuno. Pembukaan STQ tersebut diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh perwakilan dari 22 Kecamatan se-Kabupaten Muna dan seluruh kepala OPD lingkup Pemkab Muna, Minggu, 26/02/2023.

Pembukaan STQ itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Muna, Bachrun La Buta, Ketua DPRD Muna, Wakil Ketua DPRD Muna, Forkopimda Kabupaten Muna dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Muna.

Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta selaku ketua LPTQ Kabupaten Muna mengatakan pelaksanaan STQ tahun ini merupakan pelaksanaan STQ yang kedua semenjak dirinya menjabat sebagai ketua LPTQ di Muna. Pelaksanaan STQ kali ini kata Bachrun masih mengutamakan siar Islam.

“STQ kali ini adalah yang ke dua bagi saya sejak menjabat sebagai ketua LPTQ. Pelaksanaan MTQ ini masi mengutamakan siar Islam,”ucapnya

Selain itu lanjutnya, STQ ini selain program Kabupaten Muna, juga merupakan ajang memilih putera dan puteri terbaik Muna untuk mewakili Kabupaten Muna di tingkat MTQ se-Sulawesi Tenggara.

“Selain itu STQ ini kita akan bersama-sama memilih putera dan puteri Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Muna ditingkat STQ se-Sulawesi Tenggara, dan mudah-mudahan bisa mewakili Sultra di tingkat Nasional,”ujar Bachrun.

Bachrun mengungkapkan bahwa kenapa pelaksanaan STQ kali ini mengutamakan siar Islam karena pihaknya belum mampu membuat baca Alquran secara merata di seluruh Kabupaten Muna.

“Kenapa kami utamakan siar Islam karena kami belum mampu membuat secara merata kemampuan membaca Alquran bagi seluruh peserta, karena sampai hari ini masi ada impor Qorih dan Qoriah antar kecamatan,”ungkapnya.

  • Bagikan