Komitmen UHC 95 Persen, Pemkab Busel Terima Penghargaan

  • Bagikan

BUTONPOS, JAKARTA-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menerima piagam penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri atas dukungan dan komitmen terhadap pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 yang telah didapat dalam penyelenggaraan Program JKN pada tahun 2022. Capaian Pemkab Busel atas komitmen UHC ini mencapai angka di atas 95 persen.

Penghargaan UHC Award tersebut diserahkan langsung Mendagri Tito Karnavian kepada Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman di Jakarta pada Selasa (14/3/2023).

Pj Bupati Busel La Ode Budiman menyebutkan, penghargaan UHC Award yang baru saja diterimanya merupakan bentuk apresiasi kepada Pemkab Busel dalam menjamin layanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

UHC ini ujar Budiman, menjamin semua orang mempunyai akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan, dengan mutu yang memadai sehingga efektif. Disamping itu, menjamin pula bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial bagi masyarakat.

Lanjut dia, ini menjadi bukti kalau warga Buton Selatan sudah memiliki dan mendapatkan layanan kesehatan yang mudah dan gratis melalui BPJS.

“Kewajiban kita sebagai pemerintah adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Terlebih kesehatan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat,” ujar Budiman kepada wartawan.

Menurutnya, penghargaan UHC Award 2023 yang baru saja diterimanya merupakan wujud keberhasilan pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

  • Bagikan