KPPN Klaim Progres Belanja Periode Triwulan l Wilayah Kepton Tumbuh 6 Persen

  • Bagikan

BUTONPOS, BAUBAU – Sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan di wilayah Kepulauan Buton, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau mengemban fungsi treasurer sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara. Fungsi tersebut antara lain dijalankan dengan memberikan pelayanan perbendaharaan baik kepada para satuan kerja (Satker) instansi vertikal Kementerian/Lembaga, maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang tersebar di wilayah Kepulauan Buton.

Hariyanto Kepala KPPN Baubau mengatakan, dari pagu alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang disalurkan melalui KPPN Baubau Tahun Anggaran 2023 ini sebesar Rp.4.668,78 miliar, sampai dengan akhir periode Triwulan I Tahun Anggaran 2023 sudah terealisasi sebesar Rp.976,61 miliar atau 20,92 persen. Total realisasi Belanja Negara tersebut tumbuh sebesar 6% apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun anggaran sebelumnya.

Pertumbuhan signifikan realisasi Belanja APBN yang tercatat melalui KPPN Baubau tersebut salah satunya disebabkan oleh realisasi Belanja Transfer ke Daerah yang sampai dengan akhir periode Triwulan I tahun 2023 telah terealisasi sebesar Rp.838,75 miliar dari total pagu sebesar Rp.3.948,78 miliar (21,24%). Sebagai informasi, Hariyanto menambahkan bahwa bahwa mulai tahun anggaran 2023 ini semua Belanja Transfer ke Daerah, baik Dana Transfer Umum (DAU dan DBH), Dana Transfer Khusus (DAK Fisik dan DAK Non Fisik), dan Dana Desa disalurkan melalui KPPN di daerah, tidak ada lagi yang disalurkan secara terpusat. Hal ini sebagai salah satu upaya Kementerian Keuangan untuk mendekatkan pelayanan kepada Stakeholder Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan APBN dan APBD demi peningkatan pertumbuhan perekonomian.

Sedangkan untuk Belanja Pemerintah Pusat sendiri, dari alokasi pagu sebesar Rp.720 miliar, telah terealisasi sebesar Rp.137,86 miliar (19,15%). Belanja Pemerintah Pusat tersebut, terdiri dari Belanja Pegawai, Belanja Barang, dan Belanja Modal yang dialokasikan pada 103 satuan kerja instansi vertikal Kementerian/Lembaga yang tersebar di enam wilayah Kabupaten/Kota di Kepulauan Buton. Capaian realisasi Belanja Pemerintah Pusat tersebut melampaui target belanja pada Triwulan I tahun 2023. Untuk Belanja Pegawai, dari target realisasi sebesar 20%, telah terealisasi 20,20%. Belanja Modal dari target sebesar 10%, telah terealisasi sebesar 14,22%. Sedangkan untuk Belanja Barang, seiring dengan meningkatnya aktivitas operasional kegiatan pemerintahan dan pembangunan, dari target sebesar 15%, sampai dengan akhir Triwulan I terealisasi sebesar 19,96%.

  • Bagikan