Vladimir Putin Peringatkan Barat Agar Tidak Memasok Senjata ke Ukraina

  • Bagikan
Presiden Vladimir Putin. (Thibault Camus/Reuters )
Presiden Vladimir Putin. (Thibault Camus/Reuters )

BUTONPOS – Presiden Rusia, Vladimir Putin mewanti-wanti Barat agar tidak memasok senjata berupa rudal jarak jauh ke Ukraina. Jika hal itu dilakukan, maka Rusia mengancam akan menyerang target baru. Hal ini menurut laporan kantor berita TASS pada Minggu (5/6).

“Jika rudal semacam itu dipasok, kami akan menyerang target yang belum kami serang,” kata Putin seperti dikutip wawancara dengan saluran televisi pemerintah Rossiya-1.

Namun, dia tidak menyebut secara rinci target yang dimaksud bakal diserang oleh Rusia. Putin mengatakan “keributan” seputar pasokan senjata Barat ke Ukraina dirancang untuk meredakan konflik.

Ukraina telah mencari Multiple Rocket Launch Systems (MLRS) seperti M270 dan M142 HIMARS untuk menyerang pasukan dan persediaan senjata di belakang pasukan Rusia.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana pada minggu ini untuk memberikan sistem roket HIMARS presisi ke Ukraina. Itu setelah menerima jaminan dari Kiev bahwa mereka tidak akan menggunakannya untuk menyerang target di dalam wilayah Rusia.

  • Bagikan