Senator AS Marsha Blackburn Mengaku Tak Takut Xi Jinping

  • Bagikan
Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn menjadi anggota Kongres terbaru yang mengunjungi Taiwan. (The Edge Markets)
Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn menjadi anggota Kongres terbaru yang mengunjungi Taiwan. (The Edge Markets)

Publiksatu – Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn mengaku tak takut dengan tekanan Beijing yang dinahkodai Presiden Tiongkok Xi Jinping. Pengakuan ini ia sampaikan saat mengunjungi Taiwan belum lama ini.

“Saya tidak akan diganggu oleh Partai Komunis Tiongkok,” tegasnya.

Dikutip dari jawapos.com, perjalanan Blackburn, seorang Republikan Tennessee yang duduk di Komite Angkatan Bersenjata Senat, menyusul sejumlah kunjungan baru-baru ini oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan pejabat AS lainnya. Setidaknya sudah 3 pejabat AS yang mengunjungi Taiwan dalam waktu berdekatan.

“Taiwan adalah mitra terkuat kami di kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan tingkat tinggi reguler ke Taipei adalah kebijakan lama AS,” kata Blackburn dalam sebuah pernyataan.

Kunjungan Pelosi, memicu latihan militer dari Beijing dalam skala besar. Tiongkok menembakkan rudal ke Taiwan dan menerbangkan gelombang pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udaranya.

Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya. Dalam tweet Jumat (26/8) pagi, senator AS, yang tidak mewakili pemerintahan Biden, menegaskan kembali dukungannya untuk Taiwan.

  • Bagikan