Mengenal Fungsi Obat ARV

  • Bagikan
Ilustrasi HIV/AIDS (Antara)
Ilustrasi HIV/AIDS (Antara)

Butonpos – Virus HIV begitu menakutkan bagi orang yang sudah terjangkit. Namun virus tersebut bisa dikendalikan dengan rutin mengonsumsi obat terapi antiretroviral (ARV).

Kualitas hidup mereka juga dapat tetap terjaga seperti masyarakat pada umumnya.

Terkena virus HIV AIDS bukan berarti dunia sudah berakhir. Semangat hidup masih bisa dibangun dengan rutin mengonsumsi obat antiretroviral (ARV).

Ahli Spesialis Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam menilai dengan semakin banyak kasus HIV di tengah masyarakat semestinya kemampuan dokter untuk mendeteksi kasus ini semakin tinggi. Semakin cepat diobati, akan semakin cepat bisa mencegah komplikasi yang terjadi.

“Saat ini pasien-pasien saya yang diobati dan harus minum obat seumur hidup dengan obatnya gratis dari pemerintah, bisa hidup normal tanpa keluhan,” kata Prof Ari seperti dikutip dari JawaPos.com.

Menurutnya, bahkan berat badan mereka sudah kembali seperti sebelum sakit. Kualitas hidup akan membaik. “Bagi para penderita pun dengan obat antiretroviral (ARV) saat ini yang tersedia semestinya tidak perlu bersedih hati mengenai masa depannya karena dengan minum obat secara teratur dan tidak terputus, kualitas hidup penderita HIV akan lebih baik dan dan tidak akan berbeda dengan orang tanpa HIV,” tegas Prof Ari.

  • Bagikan