2045, Baubau Berdaya Saing

  • Bagikan

Berikutnya, isu penguatan kebudayaan dan kearifan lokal (11,11%), isu peningkatan keamanan dan ketertiban kota (9,26%), dan isu perekonomian yang berkelanjutan (9,26%).

Bagaimana dengan 10 besar kue ekonomi Kota Baubau? Rupanya konstruksi (21,42%), perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor (20,87%), pertanian, kehutanan, dan perikanan (15,30%).

Berikutnya, administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib (7,63%), jasa pendidikan (7,10%), transportasi dan pergudangan (4,74%), industri pengolahan (3,90%), pertambangan dan penggalian (3,86%), jasa keuangan dan asuransi (3,55%), ditambah informasi dan komunikasi (3,45%).

Keimpulannya, sektor ekonomi yang saat ini menjadi basis dan prospektif ke depan menjadi lebih baik serta memiliki kue ekonomi tinggi dalam pembangunan Kota Baubau adalah, konstruksi, perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor.

Selanjutnya, transportasi dan pergudangan, informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan asuransi, administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, ditambah jasa pendidikan.

Kemudian, sektor ekonomi yang ke depan dapat dikembangkan lebih baik lagi dan memiliki potensi pada saat ini karena struktur ekonomi cukup matang yakni, pertanian, kehutanan, dan perikanan.(IRWANSYAH AMUNU)

  • Bagikan